Heboh! Kota Kecil ini Menyalakan Pohon Natal Terbesar Dunia Pohon Natal terbesar di dunia hadir di kota kecil ini (Foto: odditycentral/vito panzella)

PADA Hari Raya Natal, diberbagai tempat dan rumah-rumah umat Kristiani biasanya terdapat pohon natal. Bahkan jika di pusat keramaian seperti mall, kantor dan sebagainya, banyak terlihat pohon natal menjulang tinggi dan tampak sangat mewah. Namun apakah kamu pernah melihat pohon natal sepanjang 750 meter?.

Selama hampir tiga dekade, Gubbio, sebuah kota kecil di kaki Gunung Ingino, Umbria, Italia. Telah memegang rekor Guinness untuk pohon Natal terbesar di dunia.

Pada tahun 1981, pohon Natal sepanjang 750 meter yang tersebar di lereng Gunung Ingino dinyalakan untuk pertama kalinya.

Pohon natal terbesar di dunia sepanjan 750 meter (Foto: pixabay/love_borghi_italiani)

Baca Juga:

Viral! Hotel di Jepang Ini Hanya Patok Biaya Rp16 Ribu Per Malam, Tapii...

Sejak saat itu, setiap tahun pada 7 Desember (Eve of Immaculate Conception), lebih dari 700 lampu raksasa yang membentuk pohon dinyalakan, dan tetap aktif sepanjang musim liburan, hingga hari Epifani pada 6 Januari, seperti yang dilansir dari laman odditycentral.

Pohon natal itu diciptakan untuk menghormati Santo Ubaldo pelindung setempat. Pohon Natal Gunung Ingino itu diakui oleh Guinness Book of Records sebagai 'Pohon Natal terbesar di Dunia' pada tahun 1991.

Menariknya, sejak sukses mencatatkan rekor dunia di tahun 1991, saat ini tak seorang pun nyaris bisa mematahkan rekor pohon Natal Gunung Ingino itu.

Baca Juga:

Mengintip Matte Black Coffee dengan Toping Black Whipped Cream yang Lagi Viral

Untuk memastikan pohon Natal terbesar di dunia itu siap untuk ditonton setiap tahunnya bukan perkara mudah. Namun untungnya sekelompok relawan lokal yang isebut 'Alberaioli' memastikan jika kabel dan ribuan lampu berada dalam kondisi baik.

Seperti halnya pada tahun ini, mereka harus memeriksa total lebih dari 8,5 kilometer kabel dan lebih dari 3.000 lampu, dengan kekuatan 35 kW.

Sementara itu, untuk bagian bintang terang yang terdapat diatas pohon dikabarkan berisi 1.350 lampu. Tentunya untuk menyusun lampu sebanyak itu bukan perkara mudah. Lalu untuk kebutuhan listrik pohon Natal itu, sejak tahun 2010 telah dihasilkan oleh panel photovolatic. (Ryn)

Baca Juga:

Viral! Perusahaan Ini Tawarkan Kopi Hasil 'Roasting' dari Luar Angkasa

Kanal