Heboh! Dianggap Rendahkan Aktris, Sutradara Hanung Bramantyo Bikin Klarifikasi

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 06 November 2017
Heboh! Dianggap Rendahkan Aktris, Sutradara Hanung Bramantyo Bikin Klarifikasi
Hanung Bramantyo (foto: Instagram Hanung Bramantyo)

KABAR terbaru datang dari Hanung Bramantyo. Baru-baru ini sutradara kondang tanah air tersebut membuat klarifikasi atas pemberitaan sebuah media online yang dianggap membuatnya terkesan merendahkan profesionalisme aktor perempuan.

Dalam pemberitaan yang diedarkan sebuah media online tersebut, terdapat sebuah kutipan yang dianggap Hanung tidak dalam konteks yang serius.

"Susah Menjadi Aktor Itu. Apalagi aktor pria ya. Kalau perempuan kan ya sudahlah, ibarat kata asal lo cantik aja. udahlah itu menjadi syarat" bunyi kutipan tersebut.

"Tapi Aktor, laki-laki, itu syaratnya banyak banget, enggak cuma sebatas harus ganteng, tapi harus bisa memainkan banyak" lanjut kutipan itu.

Melihat pemberitaan tersebut, Hanung Bramantyo pun tak tinggal diam, dirinya seketika meluncurkan klarifikasi atas berita yang diedarkan oleh salah satu media online ternama Tanah Air. Pria kelahiran Yogyakarta 1 Oktober 1975 tampak begitu kecewa akan berita yang ditulis oleh jurnalis di salah satu media online ternama tanah air itu.

"Klarifikasi atas artikel Kompas.com 1.Pernyataan yg tertulis diatas konteksnya adalah kenapa sy selalu bekerja dg Reza Rahadian. Tidakkah ada bibit baru?
2. Sy jawab : mudah mencari bibit baru tapi sulit mrenjadikannya populer. Seolah syaratnya banyak.
3. Meski memiliki kemampuan acting yg bagus, aktor pria tidak mudah meraih popularitas dikalangan pecinta film anak-anak muda.
4. Berbeda dg aktris yg hampir tiap 2-3th selalu muncul wajah baru.
5. Kalimat saya : ‘asal cantik doang’ jg sy sampaikan tidak dalam konteks yg serius spt yg dikutipkan.
6. Sy sadar bhw s’org aktor harus punya kemampuan menghidupkan jiwa pada tokoh yg diperankan. Tak sekedar menyoal tubuh.
7. Sayangnya wartawan sekedar mengutip begitu sj ucapan sy tanpa menyelipkan penjelasan konteksnya. ????
8. Barangkali krn keterbatasan ruang yg disediakan untuk memaparkan berita.
9. Mohon maaf jika pernyataan sy t’kesan merendahkan profesionalisme aktor perempuan. Sungguh Itu bukan maksud saya. Salam hormat ????????
( diambil dari pernyataan saya di Twiter )" Tulis hanung di keterangan foto pada klarifikasinya di media sosial Instagram.

Usai Hanung melontarkan klarifikasinya tersebut, sejumlah dukungan untuk Hanung dari para warganet pun langsung membanjiri kolom komentar, tak terkecuali dari kalangan selebritas seperti aktris cantik Laudya Cynthia Bella dan Ayushita.

"Kayaknya memang sering mengutip yang sekedengerannya aja, sementara bisa kasih dampak besar bagi nara sumber #sigh" ucap @ayushita

"Karena kalau berita yang di tulis sesuai yang kita ucapkan. Beritanya tidak akan laku mas. #udahkebalsamaberita #istigfhar ajaaahhh!!" tutur @laudyacynthiabella

"Bener banget mas..kita sepaham kok..prokontra biasa kok mas..tetap berkarya" kata @widyaaryanii

"Mungkin kebanyakan micin yg nulis beritanya" @nifanvrianthi.

Namun di sisi lain, tak sedikit pula yang mengecam pernyataan Hanung, karena bagi mereka pada klarifikasi hanung di poin ke 5 "tidak dalam konteks yg serius spt yg dikutipkan" dianggap lelucon bernada sexist atau diskriminasi terhadap kaum perempuan tidak bisa dimaklumi.

"di poin 5 Mas Hanung mengaku bahwa kalimat itu memang keluar dari mulut mas. Apapun konteksnya, baik serius ataupun bercanda, saya rasa kalimat itu tetap sangat sexist dan merendahkan perempuan. Sekalipun hal itu disebut bercanda, sayangnya bercanda model begitu sama sekali ga lucu.

"yes. pernyataan hanung emg nggak bgt. public figure kok ngomongnya gitu. 'tidak seserius itu' apanye mas" @cinde.reni. (ryn)

Simak juga berita menarik yang lainnya yuk Tomomi Takano, Petinju Cantik Pemikat Hati Para Pria

#Hanung Bramantyo
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan