Heath Ledger vs. Joaquin Phoenix, Siapa Aktor Pemeran Joker Terbaik? Mana yang terbaik memerankan Joker? (Foto: Screenrant)

FILM Joker karya sutradara Todd Philips sudah bisa disaksikan di bioskop sejak awal Oktober 2019. Laman review film IMDb memberikan rating yang cukup tinggi untuk film tersebut yakni mencapai 9.1/10. Hasil itu mengalahkan rating untuk film superhero sukses Avengers: Endgame di angka 8.6/10 di laman yang sama.

Jangan khawatir, kita tidak akan memberikan spoiler tentang film Joker terbaru dalam artikel ini. Melainkan untuk membandingkan dua aktor yang dianggap paling berhasil memerankan karakter musuh bebuyutan Batman itu, Heath Ledger (The Dark Knights, 2008) dan Joaquin Phoenix (Joker, 2019).

Baca juga:

Hadiri Penayangan 'Joker' di New York, Joaquin Phoenix dan Todd Phillips Disambut Meriah

Melansir laman hiburan looper, sejak pertama kali diumumkan bahwa Phoenix akan memerankan karakter badut psikopat untuk film Joker terbaru, banyak penggemar memulai perdebatan yang berangkat dari pertanyaan apakah Phoenix bisa merebut ‘mahkota’ Ledger sebagai Joker terbaik? Perdebatan ini ramai di media sosial twitter, tempat dimana semua orang merasa benar.

Beberapa orang berpendapat Joaquin Phoenix berhasil sebagai Joker terbaik

Setelah Joker (2019) tayang, tidak sedikit orang yang terpana dengan penampilan Joaquin Phoenix saat memerankan karakter tersebut. Beberapa dari mereka ada yang mengatakan bahwa Phoenix aktor pemeran joker terbaik, melebihi Ledger.

Salah satu akun twitter @LordNaby mengatakan dia tidak percaya ia akan mengatakan hal ini, menurutnya Phoenix memerankan Joker lebih baik daripada mendiang Ledger.

Pengguna twitter lain juga menambahkan dengan mengatakan bahwa menurutnya butuh waktu yang lebih lama untuk mendapatkan pemeran Joker terbaik setelah Ledger, ternyata itu hanya membutuhkan 11 tahun dan dia adalah seorang Joaquin Phoenix.

Apa yang dilakukan Phoenix dalam film sebagai Joker cukup memberikan dampak untuk penonton. Phoenix lebih condong kearah psikopat, sedangkan Ledger memerankan karakter Joker yang sosiopat. Dua kondisi yang berbeda namun keduanya menampilkan kemampuan akting yang apik, hal malah itu membuat Joker yang diperankan Ledger lebih ‘dingin’ lagi dari sebelumnya.

Baca juga:

Potensi Ancaman Keamanan Paksa Tunda Tayang Joker

Sebagian orang berpendapat Heath Ledger masih menjadi Joker yang terbaik

Seperti dikatakan sebelumnya, semua orang bebas berpendapat dan seringkali merasa benar di media sosial. Ada pula hatters dari Joaquin Phoenix ketika ia berperan sebagai Joker di film terbarunya. Di antaranya adalah mereka yang merasa bahwa, penampilan Phoenix belum membuatnya menjadi Joker yang lebih baik dari Heath Ledger.

Melansir laman polygon, Joker versi Heath Ledger beberapa poin lebih tinggi dibandingkan Phoenix dalam daftar yang mereka buat. Joker versi Heath Ledger berada di peringkat kedua setelah Mark Hamill (pengisi suara Joker di seri animasi Batman). Sementara Joker versi Joaquin Phoenix di posisi kelima, disusul oleh Jared Leto di peringkat keenam.

Pendapat lain ada yang mengatakan bahwa Joker versi Phoenix tidak hanya gagal merebut ‘mahkota’ Ledger, bahkan lebih lemah dari aktor-aktor pemeran Joker terdahulu lainnya.

Dari begitu banyak versi Joker, tidak ada satu pun penjahat ikonik yang dapat secara universal dinyatakan sebagai yang terbaik. Beberapa akan tetap menyatakan bahwa versi Ledger jadi favorit mereka, lainnya akan berpendapat Phoenix sebagai aktor Joker terbaik sepanjang masa. Bahkan hal itu berlaku untuk aktor pemeran Joker lainnya.

Tidak akan ada habisnya jika membahas siapa aktor pemeran Joker‘terbaik’, semuanya akan menjadi subjektif. Kembali ke selera. Namun bisa melihat dan menemukan kehebatan dari masing-masing aktor merupakan suatu hal yang istimewa. (Adp)

Baca juga:

Kompleksitas Karakter Arthur ‘Joker’ Fleck


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH