Haul ke-10 Gus Dur di Solo, Ribuan Jemaah Bakal Padati Balai Kota Solo Panitia Haul ke-10 Gus Dur di Solo, Jawa Tengah mengelar konferensi pers terkait rangkaian acara haul Gus Dur, Selasa (4/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Komunitas Gusdurian atau pengagum Gus Dur di Solo akan menggelar haul ke-10 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Balai Kota Pemkot Solo, Jawa Tengah, Jumat (7/2). Haul tersebut dihadiri putri Presiden ke-4 Republik Indonesia Abdurrahman Wahid, Anita Wahid.

Ketua Panitia Haul Husein Syifa, mengungkapkan ada dua agenda utama dalam acara haul Gus Dur di Solo. Acara tersebut adalah bedah buku berjudul 'Menjerat Gus Dur' di Ponpes Al-Muayyad, Mangkuyudan, Solo, Jumat (7/1) pukul 13.00 WIB. Kemudian pengajian akbar Haul ke-10 Gus Dur, Jumat (7/1) pukul 19.30 WIB di Pendapi Gede kompleks Balai Kota Solo.

Baca Juga:

Haul Gus Dur ke-9 Dipusatkan di Solo, Ribuan Jemaah Bakal Padati Stadion Sriwedari

"Haul ke-10 Gus Dur tahun ini kita mengangkat tema 'Njejegake Soko Guru Nusantara'," ujar Husein dalam konferensi pers di Solo, Jawa Tengah, Selasa (4/2).

Ribuan warga Nahdliyin akan menghadiri Haul ke-10 Gus Dur di Solo
Ribuan warga Nahdliyin menghadiri Haul Gus Dur (MP/Fadhli)

Untuk acara bedah buku 'Menjerat Gus Dur' ada tiga narasumber, yakni Virdika Rizki Utomo (penulis buku 'Menjerat Gus Dur'), Wahyu Maryadi (mantan kabiro protokol kepresidenan era Gus Dur), KH Imron Rosyadi Hamid (PCNU Tiongkok), dan Ngatawi Al-Zastrow).

Kemudian pengajian acara haul diprediksi dihadiri ribuan orang. Tausiah pengajian akbar diisi oleh KH Nasihin Hasan (sahabat Gus Dur), dan Anita Wahid (putri Gus Dur)," kata dia.

"Untuk hiburan acara haul kami hadirkan Ustad Kirun dan grup hadrah Ar-Risalah," sambungya.

Ketua pelaksana acara Haul Gus Dur, Muh Qoyim mengatakan haul Gusdur tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Haul Gus Dur tahun lalu, dimeriahkan dengan adanya kirab budaya dan pengajian akbar di Stadion Sriwedari. Namun, untuk tahun ini tidak ada kirab kebangsaan.

Baca Juga:

Nanti, Haul Gus Dur Akan Diperingati Berdasarkan Hitungan Hijriyah

"Haul tahun ini hanya ada dua rangkaian acara. Kemeriahan acara tetap terjaga karena sosok Gus Dur sangat dicintai masyarakat," pungkasnya.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Ribuan Warga Nahdliyin Hadiri Haul Gus Dur ke-9



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH