Musik
Hati-Hati Upload Lagu Cover di YouTube, Pahami Aturannya Ada ketentuan yang harus dipahami bila tak ingin melanggar aturan. (Foto: Pexels/Pixabay)

BOLEH enggak sih cover lagu orang di YouTube? Pertanyaan ini sering muncul apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. Dampak dari pandemi sendiri menyebabkan banyak orang ingin melengkapi aktivitasnya melalui ragam sosial media dan berlomba-lomba menjadi content creator.

Nah untuk mencapai keberhasilan menjadi content creator memang tidak mudah banyak cara yang bisa dilakukan demi mendapatkan Fans/Fanbase dan subscriber. Salah satu cara mudah dan enggak banyak makan waktu adalah cover lagu orang lain.

Baca Juga:

Cover Lagu di Youtube Apakah Melanggar Hak Cipta?

Memang dengan mengcover lagu, kamu dapat menumpang popularitas dari lagu orang yang sedang trend. Tapi apakah itu sah? Apakah itu legal dan enggak menyalahi aturan? Dalam acara Ruang Publik yang digelar oleh Dewan Kesenian Jakarta Komite Musik, isu ini juga sempat dibahas (13/10) kemarin.

"Ada roda yang hilang/missing link, kita yang anak muda, ada yang bikin kita agak mandek disini. Apa itu? Ketika pencipta lagu memiliki hak ekonomi dan moral karena lagunya dicover. Akhirnya kita mentok enggak bisa berkembang lebih jauh," kata Indra Aziz YouTuber content musik cover.

Muara Sipahutar selaku Music Content Partnership Manager YouTube Indonesia, menegaskan bahwa di Indonesia memiliki aturan yang mengatur tentang jaminan keamanan bagi karya-karya para pemusik dan pencipta lagu. Aturan tersebut, diatur didalam Undang-Undang tentang Hak Cipta. Nah, jika berbicara tentang karya ciptaan tidak akan terlepas dari hak-hak yang ikut lahir bersamaan dengan lahirnya karya tersebut.

Di Indonesia hak tersebut meliputi hak cipta dan hak terkait. Seperti musik, lukisan, gambar, dan masih banyak lagi wujud karya lain termasuk kedalam hak tersebut tanpa terkecuali. Untuk membuat ekosistem yang beraturan, suatu karya tidak terlepas dari dua hak tersebut.

Hak cipta yang dimaksud merupakan hak eksklusif yang terbagi menjadi hak moral dan hak ekonomi. Hak moral merupakan hak yang lahir dan melekat sejak karya tersebut lahir. Sementara hak ekonomi baru lahir ketika pencipta ingin mendapatkan manfaat ekonomi atas ciptaannya.

Baca Juga:

COVID-19 Meluluhlantakkan Label Musik?

musik
Perhatikan tujuan dari mencover. (Foto: Pexels/Skitterphoto)

Hampir semua karya musik dan musisi Tanah Air memiliki hak ekonomi yang didapat setelah karyanya tercatat secara administratif (memiliki hak cipta yang terdaftar). Dalam mengcover lagu, kamu harus memperhatikan tujuan dari cover lagu tersebut. Jika cover lagu memiliki tujuan komersil maka sebaiknya kamu harus mencantumkan nama penyanyi asli atau si pencipta lagu agar tidak melanggar Hak Cipta.

Tetapi, terkadang pencantuman tersebut tidaklah cukup. Karena untuk mereproduksi/mengcover lagu ciptaan orang lain yang memiliki tujuan komersil, kamu harus memperhatikan dua hak yaitu Performing rights dan Mechanical rights.

Jika kamu mengcover/menyanyikan ulang ataupun mengaransemen ulang baik direkam atau secara langsung melalui media apapun. Kamu harus memiliki performing rights. Jika setelah kamu mengcover dan ingin menggandakan, merekam dan mempublikasikan baik berupa CD atau media lain, kamu harus memiliki mechanical rights.

Baca Juga:

Facebook Hadirkan Fitur Musik Baru, Intip Detailnya

musik
Mengcover lagu milik orang lain tak semudah yang dibayangkan. (Foto: Pexels/Pixabay)

Bagaimana bisa mendapatkan izin tersebut? Untuk mendapatkan mechanical rights kamu harus membayar royalti kepada publisher yang bekerja sama dengan pihak YouTube. Kalau mau izin ke publisher kamu harus menghubungi dan mengecek lagu tersebut dipublikasikan oleh siapa. Kalau kamu mendapatkan kontaknya maka nantinya akan ada beberapa kesepakatan yang harus dijalankan.

Sementara untuk mendapatkan performing rights, kamu harus mengajukan izin ke Lembaga Manajemen Kolektif (LKM). Ada beberapa LMK di Indonesia yang dapat kamu hubungi seperti WAMI (Wahana Musik Indonesia) dan YKCI (Yayasan Karya Cipta Indonesia). Sama halnya dengan mechanical rights, kamu juga harus mencari LMK yang bekerja sama dengan pencipta lagu.

"Ketika kamu ingin menyanyikan karya orang lain sebaiknya kamu coba permisi dulu dan (minta) izin kepada pencipta lagu. Agar menciptakan ekosistem yang baik dan bisa maju bersama," jelas Marcell Siahaan selaku ketua dari LMK Prisindo. (joe)

Baca Juga:

CEO Spotify Ingin para Musisi Berhenti Protes soal Royalti Streaming

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Rob Zombie Persembahkan Cetak Biru Wisma 'The Munsters'
ShowBiz
Rob Zombie Persembahkan Cetak Biru Wisma 'The Munsters'

The Munsters adalah film adaptasi yang diproduksi Rob Zombie dari serial televisi berjudul sama.

Atasi Kebosanan Anak di Rumah dengan Kerajinan Tangan
Fun
Atasi Kebosanan Anak di Rumah dengan Kerajinan Tangan

Tia Djumaryo, pendiri dari Ganara Art Studio, memberikan sejumlah tips agar tetap kreatif di rumah, yang dapat dilakukan oleh orangtua dan anak-anak

Lebih Oke tanpa Adegan Romantis
Hiburan & Gaya Hidup
Lebih Oke tanpa Adegan Romantis

Drama Korea yang lebih keren tanpa adegan romantis

[HOAKS atau FAKTA]: Sinyal Internet Bakal Dimatikan Pukul 18.00-20.00, Semua Aktivitas Ponsel Dipantau
Fun
[HOAKS atau FAKTA]: Sinyal Internet Bakal Dimatikan Pukul 18.00-20.00, Semua Aktivitas Ponsel Dipantau

Ada pesan berantai bahwa sinyal internet akan diberhentikan di seluruh Indonesia

TikTok Gandeng Louis Vuitton dan Saint Laurent untuk Fashion Show Virtual
Fashion
Robot Menggantikan Peran Manusia, Perlukah Khawatir Kehilangan Lapangan Kerja?
Fun
Robot Menggantikan Peran Manusia, Perlukah Khawatir Kehilangan Lapangan Kerja?

Teknologi robotik ini semakin menggantikan peran manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Selamat Jalan 'Tangan Tuhan' Diego Maradona
Olahraga
Selamat Jalan 'Tangan Tuhan' Diego Maradona

Maradona memiliki track record yang bagus dalam dunia sepak bola.

Makna Busana yang Dikenakan Jokowi di Imlek Nasional 2021
Hiburan & Gaya Hidup
Makna Busana yang Dikenakan Jokowi di Imlek Nasional 2021

Anne Avantie memaparkan makna dibalik busana yang dikenakan oleh Presiden Joko Widodo pada acara Imlek Nasional 2021

Sony A7C, Mirrorless Full-Frame Terkecil dan Teringan di Dunia
Fun
Sony A7C, Mirrorless Full-Frame Terkecil dan Teringan di Dunia

Sony A7C memiliki dimensi 124mm x 71,1mm x 59,7mm dengan bobot 509 gram.

Zodiak Paling Rajin versus Paling Malas di Dunia Kerja
Fun
Zodiak Paling Rajin versus Paling Malas di Dunia Kerja

Karakter dua kubu ini dapat dilihat dari etos kerjanya.