Kesehatan

Hati-hati Terluka di Jam 8 Malam

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 09 November 2017
Hati-hati Terluka di Jam 8 Malam
Jangan terluka setelah jam 8 malam. (Foto:viphealth)

TERNYATA mendapatkan luka pada jam 8 malam lebih lama penyembuhannya ketimbang terluka pada siang hari, demikian penelitian yang dilakukan oleh pakar di Medical Research Council di Cambridge.

Penelitian yang dimuat di jurnal ilmiah Science Translational Medicine, merupakan hasil pengamatan 118 kasus korban luka bakar. Mereka mencatat korban yang terluka antara jam 8 malam – jam 8 pagi memerlukan 28 hari untuk sembuh. Itu berbanding terbalik dengan korban luka di siang hari yang hanya memerlukan proses penyembuhan 17 hari.

Ini ada hubungannya dengan jam biologis yang ada pada tubuh manusia. Penelitian yang dimuat dalam laman Telegraph itu, menyebutkan ada kemungkinan karena nenek moyang kita tidak pernah beraktivitas di malam hari

Jam biologi atau circadian rhythm menunjukan proses penyembuhan yang lebih cepat pada terjadinya luka di siang hari. Dr John O'Neill dari MRC Laboratory of Molecular Biology yang ada dalam penelitian itu menyebutkan proses penyembuhan dapat dilakukan dengan merekayasa jam bioogi itu.

Mereka menyebutkan pada siang hari terdapat kolagen dalam jumlah banyak. Ketika luka terjadi kolagen akan tetap terus berproduksi lebih banyak untuk melakukan penyembuhan. Jelas dengan demikian, menurut Dr Ned Hoyle yang mengepalai penelitian itu menyebutkan bahwa perbaikan pada kulit membantu mencegah infeksi. Ketika penyembuhan luka terjadi kesalahan, maka proses penyembuhannya bisa panjang.

Penelitian ini membuka wawasan baru keterlibatan faktor cicardian berpengaruh besar terhadap penyembuhan luka. Dapat membuat perhitungan penyembuhan jadi lebih efektif lagi.

Jadi jagalah diri setelah jam delapan malam, jangan sampai terluka! (psr)

#Luka
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan