Hati-hati Sariawan Tak kunjung Sembuh, Bisa Jadi Kanker Mulut

Muchammad YaniMuchammad Yani - Sabtu, 14 November 2020
Hati-hati Sariawan Tak kunjung Sembuh, Bisa Jadi Kanker Mulut
Jangan abaikan sariawan. (Foto: Pixabay)

JANGAN anggap remeh jika sariawan tak kunjung sembuh. Karena bisa saja itu pertanda kamu terserang kanker mulut. Hal itu diungkapkan dokter spesialis penyakit mulut di RS Mitra Keluarga, Bintaro, Rusmawati dalam siaran persnya, seperti dilansir Antaranews.com, Sabtu (14/11).

"Secara umum Anda harus bisa membedakan sariawan biasa dengan kanker, yaitu waktu penyembuhan sariawan, tingkat sariawan, lokasi, meraba sekitar luka sariawan serta melihat perubahan warna adakah bercak putih dan merah di rongga mulut," ucapnya.

Baca juga:

Bunga Lavender yang Bagus Untuk Kulit

Lebih lanjut, Rusmawati mengatakan selain sariawan yang tak kunjung sembuh, kanker mulut juga ditandai dengan rasa sakit di rongga mulut, pembengkakan pada dagu akibat kelenjar limfa submandibular membengkak.

Hati-hati jika sariawan tak kunjung sembuh. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)
Hati-hati jika sariawan tak kunjung sembuh. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

Rasa ganjal di tenggorokan, kesulitan mengunyah dan menelan, gigi goyang atau tanggal di sekitar area tumor, muncul benjolan di leher, penurunan berat badan hingga bau mulut.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kanker mulut meliputi kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, bibir terpapar sinar matahari yang berlebihan, virus menular seksual bernama human papillomavirus (HPV) serta sistem kekebalan yang melemah.

Baca juga:

Deretan Buah untuk Mencegah Masalah Pernapasan

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, kasus kanker mulut sekitar 5,6 persen dari total keseluruhan kanker. Diperkirakan di tahun ini meningkat hingga 21,5 persen akibat kurangnya deteksi dini dan gejala yang kerap diabaikan.

Kanker mulut bisa dicegah. (Foto: Pixabay/Sammy-Williams)
Kanker mulut bisa dicegah. (Foto: Pixabay/Sammy-Williams)

Rusmawati menyarankan untuk menjaga kesehatan mulut dan gerakan periksa mulut sendiri (samuri) dengan langkah-langkah mencuci tangan hingga bersih, berdiri di depan cermin, periksa bibir bagian atas dan bawah, periksa gusi atas dan bawah.

Kemudian periksa pipi kanan dan kiri, periksa lidah bagian atas dan bawah, rongga mulut atas bawah, lidah kiri dan kanan serta periksa kelincahan, kekakuan dan pergerakan lidah.

Dikutip dari Medical News Today, jika kamu mengalami sariawan, cobalah mengatasi gejala dan penyebabnya seperti alergi, infeksi atau kekurangan nutrisi akibat pengobatan atau diet. Obatan topikal yang dioleskan langsung ke kulit untuk membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan bisa menjadi pilihan. (Yni)

Baca juga:

Cegah Penularan Pneumonia, Jangan Asal Cium Bayi

#Kanker Mulut #Kanker
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan