Hati-hati Peretas Lewat Email saat WFH

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 08 Januari 2021
Hati-hati Peretas Lewat Email saat WFH
Para peretas uncar pekerja yang WFH. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

SEMENJAK pandemi virus Corona, work from home (WFH) menjadi istilah yang populer di kalangan pekerja. Namun, sistem bekerja di rumah ini ternyata menimbulkan tantangan tersendiri baik untuk karyawan maupun perusahaan dari segi keamanan data.

Dilansir dari Antaranews.com, Kamis (7/1) Country Manager Trend Micro Indonesia, Laksana Budiwiyono, mengutip laporan Turning The Tide, memperkirakan ada banyak serangan siber yang beralih ke rumah-rumah, bukan lagi ke jaringan perusahaan.

Baca juga:

Konsep macOS Mengagumkan dengan Teknologi AR

Alasannya, beberapa karyawan yang memegang beberapa data penting perusahaan harus menggunakan jaringan internet di rumah, yang umumnya tak memiliki sistem proteksi kuat seperti jaringan perusahaan.

Jangan asal membuka email. (Foto: Pixabay/stevepb)
Jangan asal membuka email. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jika dulu berkirim data menggunakan flash disk USB, kini berganti menjadi email. "Sekarang, email yang dominan," ujar Laksana.

Oleh karena itu, Laksana mengatakan penting bagi karyawan yang berkerja di rumah untuk memahami langkah dasar melindungi email. Salah satunya jangan membuka kiriman email yang mencurigakan, atau dari orang tak dikenal.

Sementara untuk perusahaan, diharapkan untuk memberikan pelatihan kepada karyawannya mengenai cara menjaga keamanan saat bekerja di rumah. Misalnya melarang menggunakan perangkat pribadi. (Yni)

Baca juga:

Microsoft Janji Perbaiki Controller Xbox X

#Serangan Siber #Work From Home (WFH)
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan