Hati-hati, Perempuan Muda dengan Obesitas Berisiko Tinggi Kanker Usus Usia muda mempengaruhi risiko kanker usus (Sumber: University Cancer Centers)

BAGI kamu yang merasa masih muda dengan tubuh gemuk, ada kabar buruk. Dilansir dari Nytimes, Jumat (12/10), sebuah penelitian mengatakan perempuan muda dengan berat badan berlebih sangat berisiko terserang kanker usus besar.

Penelitian yang dipublikasikan JAMA (Journal of the American Medical Association) Oncology itu melacak kondisi kesehatan secara prospektif lebih dari 85 ribu perempuan selama 22 tahun.

Hasilnya, kasus kanker meningkat di perempuan berusia di bawah 50 tahun. Sementara kasus tersebut menurun ketika orang sudah tua. Sayangnya belum diketahui pasti penyebab kenapa perbedaan usia mempengaruhi kanker.

Berat badan mempengaruhi risiko kanker usus (Pixabay/sisdahgoldenhair)
Berat badan mempengaruhi risiko kanker usus (Foto: Pixabay/sisdahgoldenhair)

Para peneliti menemukan terdapat 114 kasus kanker usus besar pada perempuan usia di bawah 45 tahun. Perempuan dengan kelebihan berat badan beresiko besar terkena serangan kanker usus sejak dini.

Hal itu karena perempuan dengan berat badan normal memiliki indeks massa tubuh antara 18,5 - 22,9. Jika indeks massa tubuh lebih dari 30 maka risiko terena penyakit tersebut meningkat sebanyak 93 persen.

Berat badan di usia sekitar 18 tahun juga berhubungan dengan kanker usus. Usia tersebut rentan terkena kanker usus dibandingkan perempuan yang usianya lebih tua. Namun ketika perempuan berusia sekitar 18 tahun dan memiliki berat badan tinggi, risikonya akan bertambah sebesar dua kali lipat.

Usia dan berat badan mempengaruhi risiko kanker usus (Sumber: Mayo Clinic)
Usia dan berat badan mempengaruhi risiko kanker usus (Foto: Mayo Clinic)

"Kami memiliki skrining yang baik dan deteksi dini untuk kanker payudara pada perempuan muda, namun tidak untuk kanker usus besar," kata pungkas penulis senior Yin Cao, lektor di Washington University Medical School.

"Saat ini tidak ada skrining untuk kanker usus besar bagi orang yang berusia di bawah 50 tahun. Beberapa dokter berdebat mengenai penurunan usia menjadi 45 tahun," lanjutnya. (yani)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH