Hati-hati para Perempuan, Ini 3 Risiko yang Bisa Terjadi Akibat 'Eyelash Extension' Risiko yang terjadi akibat eyelash extension (Foto: instagram @ebllashes)

BEBERAPA tahun belakangan makeup memang sedang menjadi tren yang semakin hit di kalangan perempuan. Bukan sekedar polesan saja, tetapi tren mempercantik diri yang permanen juga mulai disukai para perempuan. Salah satunya adalah penambahan bulu mata atau bisa yang di kenal dengan eyelash extension.

Memiliki bulu mata yang tebal, panjang dan letik tentu menjadi impian semua perempuan. Penggunaan maskara mungkin dapat membantu bulu mata kamu menjadi lebih menarik, tetapi kamu perlu menyediakan waktu dan kesabaran ekstra setiap hari dalam pemakaiannya.

Sebagian besar perempuan tentunya akan melakukan apapun untuk membuat penampilannya lebih menarik. Belakangan ini eyelash extension hadir sebagai salah suatu alternatif solusi baru bagi mereka yang menginginkan bulu matanya terlihat lebih menarik. Singkatnya, bulu mata kamu akan selalu on dimanapun dan kapanpun, tanpa bantuan polesan makeup.

Tapi, sebelum kamu mengambil langkah melakukan eyelash extension, sebaiknya kamu perhatikan tiga risiko yang mungkin terjadi akibat eyelash extension dikutip dari laman hellosehat.com:

1. Bulu mata rontok

Hati-hati para Perempuan, Ini 3 Risiko yang Bisa Terjadi Akibat 'Eyelash Extension'
Bulu mata palsu dapat membuat tekanan pada bulu mata asli sehingga menjadi rontok. (foto: instagram @ebllashes)


Penggunaan eyelash extension yang terlalu lama bisa memberikan ketegangan kepada bulu mata alami kamu. Hal ini di karenakan, berat dari bulu mata palsu dapat membuat tekanan pada bulu mata asli dan justru akan beresiko bulu mata asli menjadi rontok.

Khususnya untuk para perempuan dengan akar bulu mata yang tidak begitu kuat, dapat beresiko kerontokan bulu mata permanen. Dengan menggunakan eyelash extension bulu mata kamu mungkin terlihat menjadi lebih tebal, namun sebenarnya bulu mata asli kamu justru menipis.

2. Iritasi dan alergi

Hati-hati para Perempuan, Ini 3 Risiko yang Bisa Terjadi Akibat 'Eyelash Extension'
Eyelash extension bisa menyebakan mata kamu memerah dan timbul gelembung seperti terisi air pada kulit wajah (foto: rd.com)

Terlebih bila kamu memiliki kulit yang sensitif, substansi yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan eyelash extension mungkin akan membuat mata kamu menjadi iritasi.

Perekat yang menempelkan bulu mata kamu mungkin mampu menimbulkan ruam pada mata kamu. Bahkan mampu menyebakan mata kamu memerah dan timbul gelembung seperti terisi air pada kulit wajah.

Banyak penemuan yang menambahkan kandungan senyawa kimia formaldehida pada perekat eyelash extension. Tentunya hal ini bisa meningkatkan potensi kamu untuk mengalami alergi terhadap perekat tersebut.

3. Mata terluka

Hati-hati para Perempuan, Ini 3 Risiko yang Bisa Terjadi Akibat 'Eyelash Extension'
Iritasi menggunakan eyelash extension dapat menyebakan mata kamu mengalami infeksi (foto: peepersoptical.net)

Iritasi dapat menyebakan mata kamu mengalami infeksi. Artinya, penggunaan perekat langsung ke mata alami kamu sangat berpotensi menimbulkan infeksi pada mata. Selain itu, baik substansi dari bulu mata palsu maupun perekatnya, rentan untuk keberadaan bakteri dan virus.

Adanya bakteri dan virus pada eyelash extension berpotensi menyebakan bagian depan mata kamu mengalami peradangan atau biasa yang dikenal dengan konjungtivitis. Dalam tingkat keparahan, konjungtivitis dapat mempengaruhi kualitas penglihatan kamu. (gsh)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya