hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Hati-Hati Pajak Besar Saat Bawa Oleh-Oleh Dari Luar Negeri Perhatikan beberapa hal ini agar tak terkena pajak besar saat bawa oleh-oleh dari luar negeri (Foto: moneyweb)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

TRAVELING ke Luar Negeri merupakan salah satu aktivitas yang banyak digemari oleh masyarakat, bahkan tak sedikit pula yang menjadikan traveling ke luar negeri sebagai cita-cita.

Seperti halnya pergi ke berbagai ikon wisata dunia antara lain yaitu Menara Eiffel di Prancis, Gunung Fuji di Jepang, Menara Pisa di Italia, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Bagasi Hilang di Bandara? Jangan Panik, Ini Cara Mudah Mengurusnya

Namun, disamping menikmat berbagai hiburan yang ada di negeri orang, biasanya hal yang tak luput dilakukan yaitu membeli oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat yang ditinggalkan.

Bicara soal oleh-oleh, kamu jangan asal membawa oleh-oleh, karena ada pajak besar yang menantimu. Lalu adakah cara terhindar dari pajak yang besar?

Pajak sejatinya merupakan salah satu ketentuan yang wajib ditaati. Bukan hanya untuk barang-barang dari luar negeri, beberapa barang di dalam negeri pun ada yang dikenakan pajak.

Nah untuk kamu yang ingin membawa oleh-oleh usai traveling ke luar negeri, kamu sebaiknya perhatikan dulu beberapa tips berikut agar terhindar dari pajak besar, seperti yang dilansir dari laman airpaz.

1. Gunakan Sebagai Barang Pribadi Ketika Melakukan Penerbangan Pulang

Gunakan oleh-oleh sebagai barang pribadi bisa menghindari pajak yang besar (Foto: pixabay/sncr_group)

Tips yang pertama agar kamu terhindari dari pajak besar saat membawa oleh-oleh dari luar negeri, yaitu menggunakannya sebagai barang pribadi kamu.

Contoh, misal kamu ingin membeli jam tangan mewah, kamu bisa memakainya saat penerbangan pulang, dengan begitu kamu tak akan mendapat pajak atas oleh-oleh yang kamu bawa.

2. Pisahkan Isi dan Kemasan

Jangan lupa pisahkan barang dari box/kemasan (Foto: pixabay/kroprekk_pl)

Tips yang kedua yakni memisahkan antara box/kemasan dengan isinya. Karena biasanya pihak beacukai yang bertugas di bandara, akan memeriksa barang yang memiliki kemasan.

Sebab, pada kemasan tertera harga dan informasi produksi. Apabila harga barang itu melewati batas ketentuan, maka kamu bisa dikenakan pajak.

3. Jujur Dalam Mengisi Form Custom Declaration

Jujurlah dalam mengisi form custom declaration (Foto: pixabay/terovesalainen)

Cara yang ketiga ialah kamu harus mengisi form custom declaration dengan jujur. Karena biasanya saat pesawat yang kamu tumpangi akan mendarat, pramugari akan memberikan sebuah form custom declaration. Bertujuan untuk mendata barang bawaan yang kamu bawa dari luar negeri.

Karena itu, isilah form ini dengan jujur sesuai dengan barang yang kamu bawa, karena jika ditemukan ada barang yang lebih atau mencurigakan, kamu akan diperiksa oleh pihak Bea Cukai Bandara.

4. Hindari Membeli Barang yang Juga Ada di Indonesia

Ada di Indonesia kenapa harus beli di luar negeri? (Foto: pixabay/mikesphotos)

Tips yang keempat untuk menghindari pajak besar jika ingin membawa oleh-oleh dari luar negeri, yaitu dengan tak membeli barang yang juga ada di Indonesia. Karena jika kamu memaksakan untuk membelinya, hal itu akan menambah beban barang bawaanmu. Sementara beban bagasi yang diberikan sangat terbatas. Umumnya, setiap keluarga hanya diberikan batasan membawa barang dari luar negeri senilai USD$250.

Nah itu dia guys beberapa tips yang bisa dilakukan untuk terhindari dari pajak besar saat ingin membawa oleh-oleh dari luar negeri. Lumayan guys buat meringankan budget traveling kamu hehehe. (Ryn)

Baca Juga:

Nama di KTP dan Tiket Pesawat Berbeda? Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Kredit : raden_yusuf

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5