Hati-Hati Ngeden Bisa Berakibat Fatal Ada kondisi tiba-tiba kehilaangan memori. (Foto: pexels/Pixabay)

GARA-gara sembelit seorang wanita harus kehilangan memori selama 10 tahun. Ini akibat dari ngeden yang terlalu keras. Perempuan dari Hongkong itu mengalami gangguan yang dinamakan transient global amnesia. Suatu kondisi misterius yang menyebabkan seseorang harus kehilangan memori secara tiba-tiba.

Laman Mirror menuliskan perempuan itu tidak dapat mengingat kejadian 10 tahun yang lalu akibat sembelit. Sebenarnya sembelitnya bukan masalah, namun ketika ngeden hendak mengeluarkan kotoran baru terjadi masalah tersebut.

mikir
Kondisi terhalangnya aliran darah ke otak dapat menghilangankan memori. (Foto: Pexels/Juan Pablo Arenas)

The China Post yang dilansir oleh Mirror menuliskan bahwa perempuan itu kehilangan memori satu dekade selama delapan jam. Untungnya memorinya dapat kembali setelah dibawa ke rumah sakit.

Perempuan itu kemudian mulai dapat mengingat kembali memorinya 10 tahun yang lalu setelah diopname di rumah sakit. Namun yang sama sekali hilang dari ingatan adalah delapan jam setelah keluar dari toilet.

angkat berat
Orang yang mengangkat berat berisiko masuk dalam kondisi itu. (Foto: Pexels/Victor Freitas)

Dr Peng Jiaxiong, neurologis, menguatkan bahwa perempuan itu mengalami kondisi yang dinamakan transient global amnesia. Dr Sarah Jarvis mengatakan pada The Sun kondisi seperti bisa saja terjadi karena terlalu kuat mengeden di toilet.Jarvis menyebutkan bahwa bila menekan terlalu kuat bukan mustahil aliran darah ke otak akan terhalang.

Sebenarnya bukan melulu karena mengeden di toilet, namun juga kondisi ini dapat mengancam pada body builder atau yang suka dengan olah raga angkat berat. Jarvis menyebutkan bahwa mengangkat beban yang sangat berat juga berakibat terhalangnya aliran darah ke otak. Dalam kasus yang buruk dapat menyebabkan pendarahan di otak dan menyebabkan stroke. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH