Hati-Hati Melancong, Ada Saja yang Bikin Tidak Nyaman Hati-hati selama pelancongan terhadap tindak kriminal. (Foto: Pixabay/stevepb)

SEBELUM melancong sebaiknya kamu mempelajari hal-hal detil yang menjadi tujuan pelanconganmkamu. Bukan hanya tentang yang berhubungan dengan budaya dan wisatanya saja. Yang tak kalah penting adalah situasi dan kondisi sosial tempat tujuan kamu.

Menurut laman the Travel, ada kemungkinan gangguan-gangguan yang membuat pelancongan kamu menjadi tidak nyaman.

Baca Juga: Empat Negara yang Wajib Dikunjungi 'Solo Traveler'

1. Sopir taksi nakal

taxi
Adanya supir nakal yang harus diwaspadai. (Foto: Pexels/Skitterphoto)

Sudah menjadi rahasia umum jika sopir taksi berusaha mendapatkan uang lebih dari penumpangnya. Kenakalan mereka ini tidak mau menggunakan argometer selama mengangkut penumpang. Di lain modus mereka bisa mengakali argometer menunjukan angka lebih tinggi dari seharusnya atau dahulu di Jakarta disebut argo kuda. Ada baiknya kamu tahu sebelum kamu menaiki taksi, pertama buatlah kesepakatan harga dengan sopir sebelum berangkat. Kedua kamu harus mengetahui rute mana yang paling cepat untuk sampai ke tempat tujuanmu, karena jika tidak sang sopir bisa saja membawa kamu untuk berkeliling kota lebih lama yang membuat kamu harus membayar lebih.


2. Pengemis

pengemis
Pengemis membuat situasi tidak nyaman selama pelancongan. (Foto: Pixabay/pascualamaia)


Pengemis bukan yang hal yang aneh. Dimana saja ada saja orang-orang yang melakukan hal ini. Sayangnya mereka ini mengeksploitasi anak-anak bahkan bayi dijadikan tameng mencari belas kasihan demi uang.

Baca Juga: Makanan Ekstrem yang Mungkin Kamu Temukan dalam Melancong


3. Pencuri di bis

bis
Hati-hati pencurian di dalam bis. (Foto: Pexels/Jimmy Chan)

Naik bis umum adalah salah satu cara menghemat biaya perjalanan. Kejahatan di dalam bisa memang sudah jarang terdengar, tapi bukan berarti tidak ada. Pencopet selalu berusaha mencari kesempatan untuk mengambil barang-barang milik kamu. Kemudian naik bis jarak jauh harus diwaspadai juga. Kamu harus menyimpan barang bawaanmu dengan aman, karena banyak sekali pencuri yang ada di dalam bis. (ape)

Baca Juga: Tips yang Harus Kamu Catat ketika Bepergian Sendiri


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH