Hati-Hati Knalpot Punya Batas Usianya Knalpot memiliki suara yang digemari oleh pemiliknya. (Foto: Pexels/Pixabay)

BAGI pecinta mobil standar, suara knalpot yang halus selalu dijaga dengan baik. Suara bising pada knalpot bukan dambaan pecinta knalpot standar. Namun adapula pemilik mobil yang mendandani mobilnya dengan knalpot berjenis racing

Apapun jenis sebenarnya menrepresentasikan karakter pemiliknya. Tapi kalau suara knalpot berubah bunyi yang tadinya halus menjadi berisik, yang mungkin memakai knalpot racing kemudian berubah suaranya seperti memasak bubur, pasti ada sebabnya.

knalpot
Usia knalpot maksimal hanya dua tahun. (Foto: Pixabay/contratempo)

Bisa jadi suara itu disebabkan oleh muffler yang mengalami kerusakan di bagian saringan, sehingga menjadi jebol. "Biasanya disebabkan oleh faktor usia pemakaian," ujar Darto dari Dart Racing sebagaimana dikutip dari laman kabaroto.

Lebih lanjut ia bahwa muffler sama seperti komponen mobil lainnya yang memiliki usia pakai. Ia menekankan jika muffler umumnya memiliki usia maksimal 2 tahun keatas. ‘Di atas tahun itu sudah mulai timbul masalah, entah bocor halus atau sebagainya," jelas Darto.

knalpot
Mobil yang jarang dipakai membuat usia knalpot berkurang. (Foto: Pexels/Yurii Hlei)

Darto juga menambahkan muffler akan jadi rusak terutama bila tidak dipakai. "Biasanya kalau jarang dipakai ada air atau embun yang mengendap. Itu bisa hilang kalau mobil dijalankan," jelas pria yang sudah belasan tahun menggeluti jasa spesialis knalpot tersebut.

Kalau sudah demikian tentunya jalan terbaik adalah mengganti dengan muffler baru, agar suara kembali seperti yang diidamkan. Tentunya harga muffler sangat bervariasi tergantung isi kocek kamu. Mulai dari harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH