Kandungan Zat Kimia di Kolam Renang Berbahaya untuk Kesehatan? Suka berenang? Perhatikan beberapa tips ini untuk menjaga kesehatanmu. (Foto: pixabay/PublicCo)

BERENANG merupakan olahraga yang bisa membugarkan serta meningkatkan stamina tubuh. Tapi tunggu dulu, ternyata berenang di kolam renang juga memiliki dampak negatif terhadap tubuhmu lho! Kandungan kimia pada air kolam renang bisa membahayakan tubuh, rambut, maupun kulit kamu. Selain itu, panasnya terik matahari, angin kering, serta temperatur yang tinggi bisa memperburuk dampak negatif tersebut. Bagaimana cara mencegahnya?

1. Hindari berenang ketika kamu punya luka atau infeksi

Hati-Hati! Kandungan Zat Kimia di Kolam Renang Bisa Bahaya untuk Kesehatan
Jangan berenang jika kamu sedang terluka. (Foto: pixabay/ulleo)

Air yang terkandung di kolam renang mengandung klorin.Jika kamu berenang di air klorin, maka ini dapat memperparah luka terbuka serta infeksi yang kamu miliki.

Jika sedang terluka, sebaiknya hindari dulu berenang di kolam renang karena selain memperparah lukamu, ini juga bisa menyebarkan kuman dan bakteri yang bisa membahayakan para pengguna kolam renang lainnya.

2. Jangan berenang jika air kolam berubah warna atau berbau

Hati-Hati! Kandungan Zat Kimia di Kolam Renang Bisa Bahaya untuk Kesehatan
Cek dulu kondisi air sebelum masuk ke kolam. (Foto: pixabay/Free-Photos)

Kondisi air kolam renang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulitmu. Jika warna air kolam sudah berubah, apalagi mengeluarkan bau busuk, artinya air sangatlah kotor dan kemungkinan bisa menyebabkan ruam kulit, infeksi, gatal-gatal serta kemerahan.

Sebelum berenang, baiknya pastikan dulu kondisi air. Hindari langsung menyelam ke dalam kolam untuk mencegah terjadinya air tertelan dan bisa membuat infeksi perut dan masalah kesehatan lainnya.

3. Gunakan tabir surya anti air

Hati-Hati! Kandungan Zat Kimia di Kolam Renang Bisa Bahaya untuk Kesehatan
Tabir Surya penting untuk menjaga kulitmu dari sinar matahari. (Foto: pixabay/kaboompics)

Ketika ingin berenang di kolam yang outdoor, usahakan untuk selalu menggunakan tabir surya. Berlama-lama di kolam renang outdoor bisa menyebabkan kulitmu terbakar, dan ini bisa bereaksi dengan zat kimia yang ada pada air. Paparan sinar matahari langsung juga bisa merusak kulit dan menjadi pemicu anti-aging dan kanker kulit.

4. Gunakan penutup rambut saat berenang

Hati-Hati! Kandungan Zat Kimia di Kolam Renang Bisa Bahaya untuk Kesehatan
Gunakan swimming cap agar rambut kamu tetap sehat. (Foto: pixabay/KeithJJ)

Klorin serta bahan kimia lain yang terkandung di kolam renang dapat membuat rambut kamu kering, maka dari itu sangat direkomendasikan agar kamu menggunakan penutup rambut ketika berenang untuk melindungi rambut kamu.

Selain untuk mencegah rambut kering, penggunaan penutup rambut juga berfungsi mencegah rambut terus-terusan dalam keadaan basah. Rambut basah terlalu lama bisa menyebabkan rambut pecah-pecah, kering, dan kusam. (shn)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH