Teknologi

Hati-Hati, Jangan Sembarangan Beri Akses Mikrofon dan Kamera Ponsel

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 29 Maret 2021
Hati-Hati, Jangan Sembarangan Beri Akses Mikrofon dan Kamera Ponsel
Waspada dalam memberikan izin mikorofon dan kamera ponsel (foto: pixabay/ongchinonn)

DI TENGAH perkembangan teknologi, banyak pengguna yang memberikan izin beberapa aplikasi, untuk mengakses kamera hingga mikrofon.

Mengenai hal itu, rupanya pemberian izin tersebut harus diwaspadai, karena bisa berakibat fatal bagi si pengguna ponsel.

Baca Juga:

Malware dan Peretas Mengancam di Balik Aplikasi Kencan

Menurut Studi Risiko Keamanan TI Konsumen dari Kaspersky secara global, memberikan izin bagi aplikasi untuk mengakses kamera serta mikrofon, harus benar-benar dicermati, agar tak menjadi bumerang bagi si pengguna.

Pengguna aplikasi video conference menigkat tajam saat pandemi (Foto: pixabay/alexandra_koch)

Seperti yang dikutip dari laman antara, Kaspersky menemukan, ada 23% dari 15.000 responden, yang disurvei memberikan izin pada aplikasi untuk mengakses webcam serta mikrofon.

Saat pandemi COVID-19 melanda dunia selama setahun terakhir ini, para pengguna aplikasi video conference meningkat tajam. Seperti halnya microsoft teams. Pada Juni 2020 lalu, tumbuh sebanyak 894% dibanding pada februari tahun yang sama.

Baca Juga:

Terdapat 'Celah' Pada Tiktok yang Bisa dimanfaatkan oleh Peretas

Hal itu lantaran aplikasi video conference menjadi solusi untuk melakukan sejumlah aktivitas sehari-hari, seperti halnya bekerja dan belajar dari jarak jauh.

Kebutuhan akan aplikasi video conference tersebut, membuat 27 persen responden berusia 25-34 tahun, selalu memberi akses pada kamera dan mikrofon.

Ditengah maraknya aplikasi yang meminta izin akses kaera dan mikrorofn, kesadaran keamanan siber pun semakin tinggi, seiring kebutuhan menggunakan teknologi saat pandemi.

Studi kaspersky menunjukan, 59% responden khawatir mereka diawasi dari kamera, sedangkan 60% waspada dimata-matai lewat perangkat lunak.

Kaspersky menyanrankan pengguna, agar cermat dalam memberikan izin pada aplikasi untuk mengakses kamera serta mikrofon. Yakni membaca izin apa saja yang diminta saat memasang aplikasi.

Kemudian, pertimbangkan pula relevansi mengakses kamera dan mikrofon dengan fungsi aplikasi tersebut. Bila aplikasi untuk panggilan video, akses kamera dan mikrofon meurakan hal yang wajar.

Tinjau lebih dulu aplikasi yang meminta izin akses kamera dan mikrofon (Foto: pixabay/alexandra_koch)

Namun, bila aplikasi tersebut tidak membutuhkan kamera dan mikrofon, kamu perlu mewaspadai mengapa harus memberikan izin fitur-fitur tersebut.

Kemudian, kamu juga bisa menggunakan alat penutup kamera, seperti halnya pada laptop, untuk memberikan rasa tenang apabila kamera perangkatmu tak sedang digunakan.

Kemudian, gunakan pula software untuk melindungi perangkatmu, agar tidak ada akses ilegal yang masuk ke fitur seperti kamera serta mikoron pada perangkatmu.

Lalu yang terakhir, tinjau aplikasi pada perangatmu yang diizinkan untuk mengakses kamera dan mikrofon, segera hapus bila aplikasi tersebut tak relevan. (Ryn)

Baca Juga:

Fitur Baru Instagram Lindungi Akun dari Peretas

#Teknologi #Smartphone #Aplikasi #Ponsel Pintar
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan