Hati-hati, Ini Modus Baru Penipuan Pakai Umpan Selebgram Ilustrasi penipuan. Foto: Ist

MerahPutih.com - Kasus penipuan melalui media sosial makin merajalela. Modusnya pun makin canggih. Salah satunya adalah menggunakan selebritis Instagram (selebgram) untuk memancing korbannya.

Seperti dialami oleh RN, yang tergiur pinjaman dana tunai dari akun Instgram @pinjaman.dana.terjamin. RN tergiur dengan promosi yang dipromosikan @pinjaman.dana.terjamin lewat selebgram Karin Novilda alias @awkarin di Instagram stories.

"Pertama saya lihat Insta stores Awkarin yang berisikan bisa dapat pinjaman dana di akun Instagram @pinjaman.dana.terjamin. Saya pikir Awkarin kan sudah terkenal, followers-nya banyak," ujar RN kepada merahputih.com, Rabu (3/1).

Melihat itu, RN percaya akun yang dipromosikan Awkarin adalah akun terpercaya. Bukan akun penipu yang merugikan orang lain.

"Nah saya coba ajukan pinjaman Rp 50 juta dengan DP Rp 3 juta. Besok bisa cair dengan syarat mudah hanya KTP dan KK tanpa BI checking. Pinjaman bisa diangsur," jelas RN.

RN lalu mentransfer dana seperti yang dijanjikan akun @pinjaman.dana.terjamin.

"Habis transfer itu sudah gak ada kabar lagi. Chat saya gak pernah dibalas, telepon gak pernah diangkat. Sampai suatu hari saya ketemu korban lain melalui postingan @maklambeturah. Dia juga promosiin akun promosi tersebut," jelas RN.

Merasa tertipu, RN lewat suaminya, Teguh Pramono membuat laporan polisi pada Selasa (2/1) ke Polda Metro Jaya dan terregister dengan nomor LP/04/I/2018/PMJ/ Dit. Reskrimsus tertanggal 2 Januari 2018.

Dalam laporannya, Teguh Pramono mengalami kerugian sebesar Rp 3 juta. Uang itu ditransfer pada Kamis (28/12) ke rekening Bank CIMB Niaga dengan nomor rekening 2610121656187 atas nama Oki Andri Hermawan. (Ayp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Harga Tiket Indonesia v Islandia Belum Dirilis, Suporter Diminta Waspadai Penipuan

Kredit : anggayudha


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH