Hati-hati, Ini Bahayanya Kalau Kamu Kurang Tidur Kurang tidur ternyata membahayakan (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)

TIDUR adalah salah atu aktivitas yang wajib dilakukan setiap orang. Dengan tidur yang cukup, energi seseorang dapat terisi kembali. Beberapa peneliti bahkan berpedapat tidur bersama dengan diet seimbang dan olahraga tepat adalah pondasi dari kesehatan yang baik.Sebalik

nya, kurang tidur ternyata adalah sumber dari berbagai penyakit. Kualitas tidur yang buruk mampu meningkatkan hormon kortisol sehingga menyebabkan gula darah naik. Nah, dirangkum dari Boldsky, berikut ini beberapa hal buruk yang terjadi jika kamu kekurangan tidur.

1. Jatuh sakit

Kamu mudah sakit (Sumber: Pixabay/rawpixel)
Kamu mudah sakit (Foto: Pixabay/rawpixel)

Peneliti mengatakan kurang tidur dapat mengganggu kemampuan tubuh Anda melawan penyakit. Hal tersebut mengakibatkan kamu lebih mudah sakit dibantingkan seseorang dengan tidur cukup. Hal ini terjadi karena tidur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Jantungmu menderita

Kamu bisa menderita jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)
Kamu bisa menderita jantung (Foto: Pixabay/Pexels)

Durasi tidur pendek dan panjang, yang masing-masing kurang dari lima jam atau lebih dari sembilan jam, telah terbukti memiliki dampak negatif pada kesehatan. Kamu juga memiliki peluang lebih besar untuk terserang penyakit jantung koroner atau terserang stroke jika kurang tidur.

3. Meningkatkan risiko kanker

Kurang tidur bisa memicu kanker (Sumber: Pixabay/Kamu akan sulit berkonsentrasi (Sumber: Pixabay/PDPics)
Kurang tidur bisa memicu kanker (Foto: Pixabay/PDPics)

Jika sering kurang tidur, kamu harus berhati-hati. Hal itu karena sering kurang tidur ternyata meningkatkan risiko terkena kanker payudara, kanker usus besar dan kanker prostat. Pekerja yang terbiasa bekerja dalam semalam dapat juga menderita risiko kanker yang tinggi.

4. Sulit berkonsentrasi

Kamu akan sulit berkonsentrasi (Sumber: Pixabay/MabelAmber)
Kamu akan sulit berkonsentrasi (Foto: Pixabay/MabelAmber)

Kurang tidur adalah salah satu sebab kamu sulit berkonsentrasi. Tidur yang kurang dari 5 jam sehari bisa mempengaruhi otak dan akan menghilangkan energi untuk berpikir kreatif atau memahami berbagai hal dengan jelas. Jadi, untuk menghindari masalah berpikir, tidurlah dengan nyenyak.

5. Pelupa

Kurang tidur menyebabkan kamu menjadi pelupa (Sumber: Pixabay/geralt)
Kurang tidur menyebabkan kamu menjadi pelupa (Foto: Pixabay/geralt)

Tidak tidur selama sehari bisa membuat kamu lebih pelupa. Sebuah penelitian menunjukkan kalau tidur berdampak pada pembelajaran dan memori. Tidur sangat penting untuk proses konsolidasi hal-hal yang kita pelajari di otak. Jadi, istirahat yang tepat diperlukan untuk mengunci informasi baru di otak.

6. Penurunan hormon sex

Kalau hormon seksmu menurun mungkin karena kurang tidur (Sumber: Pixabay/sasint)
Kalau hormon seksmu menurun mungkin karena kurang tidur (Foto: Pexel/Pixabay)

Kurang tidur ternyata akan berdampak pada kualitas gairah seks kamu. Sebuah penelitian menyebutkan seorang pria muda yang kurang tidur selama seminggu akan diiringi penurunan hormon kadar testosteron. Tidur lebih sedikit jam kurang dari lima jam mengurangi kadar hormon seks sebesar 10 hingga 15 persen.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH