Hati-Hati Iklan Scam di Facebook Hati-hati iklan scam. (Foto: EM Design)

AGAKNYA sosial media belakangan menjadi wadah bagi pencuri untuk melakukan aksinya. Facebook kena getahnya.

Beriklan di Facebook sah-sah saja sepanjang pengiklannya membayar biaya yang diterapkan. Namun Facebook membuat aturan yang harus dipatuhi oleh pengiklannya. Herannya masih saja ada pencuri yang memanfaatkan berbagai celah untuk menipu orang.

Iklan scam. (Foto: thesun)

Iklan yang memuat ajakan menjadi kaya seperti ikut dalam cryptocurrencies marak dipajang di Facebook. Beberapa iklan memang betul adanya. Namun tidak sedikit yang malah menjerumuskan orang lain.

Iklan scam itu bertujuan mengambil password dari orang lain. Bermodalkan password itu si pencuri masuk ke dalam jaringan pemilik password itu.

Iklan Scam. (Foto: thesun)

Bisa jadi Facebook tidak mengetahui perilaku pencuri itu. Namun disayangkan bila perusahaan sebesar Facebook mendapatkan pemasukan dari aksi phising scam itu, demikian Damian Collins dari Digital, Culture, Media and Sport Committee di Inggris seperti yang dilansir dari laman The Sun.

Kasus di Inggris memajang video bintang eSport dan menuliskan tagline "Bitcoin hack will blow your mind". Pengguna Facebook yang terperdaya mengklik banyak melaporkan bahwa iklan itu scam.

Kasus ini sudah menjadi perhatian pihak Facebook. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH