Hati-Hati gula Darah Turun! Perhatikan asupan gizi agar gula darah tetap normal. (Foto: Pexels/Tookapic)

GULA darah rendah atau hipoglikemia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kadar gula darahnya atau glukosa di bawah normal. Jika hal ini terjadi seseorang akan mengalami pusing dan lemah. Menurut Alodokter, kondisi yang sebenarnya adalah otot dan sel-sel pada otak tidak dapat berfungsi dengan baik karena kekurangan energi.

Umumnya orang yang mengalami gula rendah karena dia adalah penderita diabetes. Ini karena efek dari penggunaan obat insulin atau antidiabetes lainnya. Namun dapat juga dialami oleh orang yang tidak memiliki riwayat diabetes. Ini terjadi karena tidak makan dalam waktu lama.

makan
Asupan protein untuk tubuh sangat penting. (Foto: Pexels/Pixabay)

Mengapa lebih cenderung terkena pada penderita diabetes. Bisa jadi karena orang itu melakukan aktivitas yang lebih berat, seperti olahraga yang berlebihan. Makan yang lebih sedikit dari biasanya. Pola diet yang terlalu ketat atau mengonsumsi minuman beralkohol.

Laman Alodokter memberikan saran agar selalu memeriksa kada gula darah bagi penderita diabetes. Jangan pernah melewatkan jam makan yang ada. Sebaiknya makan dengan pola 4-5 jam sekali. Selipkan makanan ringan dalam pola makan 3 kali sehari.

makan
Perhatikan asupan makanan agar gula darah tetap normal. (Foto: Healthline)

Selain itu menu makanan seimbang juga perlu diperhatikan. Yakni dengan memperhatikan asupan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein diperoleh dari daging ayam tanpa kulit, telur, ikan, kacang kedelai, tahu dan tempe. Karbohidrat jangan dilupakan tentunya yang berasal dari sumber yang sehat seperti beras merah atau gandum. Perhatikan pula asupan gula alami yang diambil dari buah.

Selalu mematuhi saran dan anjuran dokter bagi penderita diabetes. Dokter pasti sudah memberikan pola makan yang baik dan bermanfaat bagi penderita diabetes. Ini agar gula darah tetap dalam level normal. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH