Hati-Hati, Bagian Vital Pada Tubuh Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian Hantaman pada organ vital bisa membunuh seketika. (Foto: Pixabay/www.slon_pics)

TIDAK semua bagian tubuh bisa mentoleransi rasa sakit dari hantaman atau hentakan keras. Semua memiliki porsinya masing-masing. Seseorang bisa saja pandai berkelahi, apalagi ia seorang atlet atau juara bertarung kelas berat. Tetapi ada bagian tubuh yang sangat vital dan tidak boleh sampai terkena pukulan karena bisa menyebabkan kematian mendadak.

Melansir laman listverse.com, melakukan perlindungan dan perlawanan diri sangat diperlukan seseorang. Apalagi jika kamu tinggal sendirian. Menghadapi lingkungan yang tidak baik sangat sulit untuk dilewati. Kamu harus bisa berlatih pertahanan diri. Apa saja bagian tubuh yang harus dijaga? Yuk simak ulasannya!

Baca juga:

Lagi Haid? Pantang Mengasup Makanan Ini

1. Epigastrium

Hati-Hati, Bagian Vital Pada Tubuh Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian
Ulu hati jaraknya berdekatan dengan organ jantung. (Foto: Pixabay/Pexels)

Meskipun dalam dunia medis disebut epigastrium, umumnya bagian tubuh ini dijuluki sebagai ulu hati. Terletak di antara dada bagian bawah, ternyata ulu hati berhubungan dengan kerja jantung. Letaknya yang berdekatan membuat sebuah hantaman otomatis berdampak juga pada organ tersebut.

2. Pembuluh Darah Leher

Hati-Hati, Bagian Vital Pada Tubuh Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian
Manusia bisa mati seketika jika pembuluh arteri karotid pecah. (Foto: Pixabay/73496)

Jangan sesekali menghantam bagian leher manusia karena di sana terdapat pembuluh darah paling besar yang disebut arteri karotis. Jika pembuluh ini pecah maka aliran darah menuju otak akan berhenti. Padahal otak tidak boleh kekurangan darah maupun oksigen meskipun hanya dalam waktu sebentar.

Baca juga:

Awas, Merokok Bisa Sebabkan Kebutaan

3. Kepala Belakang

Hati-Hati, Bagian Vital Pada Tubuh Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian
Hantaman pada kepala bagian belakang menyebabkan trauma otak. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Semua hal yang berhubungan dengan otak sudah pasti fatal. Apalagi jika terjadi hantaman yang cukup kuat di bagian belakang kepala. Selain bisa menyebabkan trauma otak, hantaman seperti ini bisa memicu pendarahan yang bisa membuatmu kehilangan kesadaran dan kerusakan otak secara permanen.

4. Jakun

Hati-Hati, Bagian Vital Pada Tubuh Ini Bisa Jadi Penyebab Kematian
Jakun pada leher pria (Foto: YouTube/Brown Boyz)

Jakun terletak di saluran yang menghubungkan alat pernapasan, pita suara, dan organ pencernaan manusia. Jika dihantam dengan keras dan masuk ke dalam rongga, saluran pernapasan bisa tertutup dan korban kehabisan napas sampai mati. Sekali saja hantaman bisa membunuh seseorang dalam waktu singkat. (mar)

Baca juga:

Milennial, Generasi dengan Tingkat Obesitas Tertinggi Sepanjang Sejarah



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH