Hati-Hati! Aplikasi Android ini Bekerja Seperti Virus Hati-hati terkena serangan aplikasi Xhelper (Foto: Pixabay/niekverlaan)

BANYAK orang yang tanpa sadar memasang aplikasi di ponsel mereka yang sebenarnya tidak mereka butuhkan. Terkadang berbagai aplikasi justru membahayakan ponsel lho. Contohnya seperti aplikasi Xhelper yang akhir-akhir ini banyak menyerang pengguna ponsel Android.

Dilansir dari laman The Inquirer, aplikasi ini berjalan tanpa sepengetahuan pemilik ponsel. Satu-satunya cara untuk melihat proses kerja aplikasi ini yaitu melalui app info di menu pengaturan. Aplikasi ini pun dapat membuka sendiri tanpa perintah pemilik ponsel.

Baca juga:

Belum Lama Rilis Android 10, Google Siapkan Android 11

Hati-Hati! Aplikasi Android ini Bekerja Seperti Virus
Xhelper dapat menjalankan dirinya sendiri tanpa perintah pemilik ponsel (Foto: Pixabay/Comfreak)

Dilansir dari laman Mirror, dua peneliti dari perusahaan Symantec, May Ying Tee dan Tommy Dong menjelaskan cara kerja Xhelper. "Aplikasi berbahaya ini berjalan ketika perangkat melakukan sesuatu, seperti saat perangkat terhubung atau lepas dari sumber daya (charger), saat perangkat dinyalakan ulang, atau saat perangkat menginstal atau menguninstal sesuatu."

Saat berjalan, aplikasi ini tentunya menurunkan performa ponsel. Selain itu, aplikasi ini juga memunculkan banyak iklan di layar ponsel sewaktu-waktu. Untungnya aplikasi ini dikabarkan tidak mencuri atau menghilangkan data-data dari ponsel. Tapi bukan berarti aplikasi ini tidak dapat melakukan hal tersebut kedepannya.

Parahnya, aplikasi ini mampu menginstal ulang dirinya sendiri. Bahkan setelah dihapus. Salah satu pengguna Android bahkan mengaku bahwa aplikasi tersebut tetap muncul di perangkatnya setelah ia melakukan factory reset.

Baca juga:

Berisi Malware, Puluhan Aplikasi Dihapus Google

Hati-Hati! Aplikasi Android ini Bekerja Seperti Virus
Selalu berhati-hati ketika menggunakan ponselmu khususnya saat menjelajahi internet (Foto: Pixabay/pixelcreatures)

Xhelper telah menyerang 45 ribu perangkat selama enam bulan. Untungnya aplikasi ini baru menyerang perangkat-perangkat di negara Rusia, India dan Amerika Serikat. Tapi tak menutup kemungkinan aplikasi tersebut dapat menjangkau perangkat android di Indonesia.

Hingga saat ini para peneliti dan pakar teknologi belum mampu mencari tahu darimana asal aplikasi ini. Jadi untuk sementara pengguna Android disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan ponsel mereka. Terlebih saat menjelajahi internet.

Jangan menginstal aplikasi dari situs-situs yang tidak kamu percaya. Jika pun kamu ingin menginstal sesuatu, pastikan terlebih dahulu. Hati-hati ketika mengunduh berkas dari internet. Selalu perbarui software dan back-up data-data pentingmu. Perhatikan terlebih dahulu ketika aplikasimu meminta akses perangkatmu. Jika kamu mengikuti langkah-langkah tersebut, seharusnya kamu tidak perlu takut terhadap serangan Xhelper. (sep)

Baca juga:

Menghindari Hack, 5 Tips ini Bisa Bantu Amankan Akun Media Sosial


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH