Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal saat 'Interview' Kerja Ingin sukses saat interview kerja? hindari 5 hal ini (Foto: Pexels/rawpixel.com)

SETELAH kamu menyelesaikan jenjang akademik atau lulus kuliah, kamu akan mengalami yang namanya dilema apa yang harus kamu lakukan setelahnya. Salah satu opsi yang biasanya banyak orang lakukan setelah lulus kuliah adalah mencari pekerjaan.

Mencari pekerjaan tidaklah mudah, banyak hal-hal yang akan perusahaan pertimbangkan untuk memasukkan orang ke dalam sebuah perusahaan. Interview dalam pekerjaan adalah salah satu cara yang mereka lakukan untuk mensortir mana yang akan cocok atau diterima dalam perusahaan.

Jika kamu ingin sukses dalam melamar pekerjaan, lebih baik hindari untuk melakukan beberapa hal ini. Selain membuat dirimu terlihat buruk, kamu juga akan beresiko tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja di perusahaan tempat kamu melamar.

1. Telat datang

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal saat 'Interview' Kerja
Datang tidak tepat waktu saat interview kerja (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Telat datang saat interview, entah apapun alasannya, apalagi jika tidak mengabari orang yang akan bertemu denganmu, bukan hanya membuat dirimu tidak menepati janji, tetapi kamu juga tidak menghargai waktu yang diluangkan untuk berbicara denganmu, terlebih jika orang tersebut harus menunggu lama akan kehadiranmu.

Orang yang akan bertemu denganmu dalam interveiw, mungkin akan berpikir jika kamu adalah orang yang tidak tepat waktu, kemungkinan untuk berbagai pekerjaan yang dihadapi nantinya. Hal tersebut tentunya akan mengurangi penilaian terhadapmu saat melamar pekerjaan.

2. Tidak serius saat Interview

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal saat 'Interview' Kerja
Tidak Serius saat di Interview (Foto: Pexels/energepic.com)

Untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu mau, sifat profesional pun juga harus kamu cerminkan agar sukses mendapat pekerjaan yang kamu inginkan.

Jika kamu tidak profesional atau tidak serius, untuk apa sebuah perusahaan menerima atau memasukkanmu sebagai pegawai.

Beri perusahaan tersebut respect dan profesionalisme darimu, dan berpakaianlah dengan sopan sesuai tempat kamu melamar kerja.

3. Terlihat atau berperilaku sombong

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal saat 'Interview' Kerja
Terlihat atau Berperilaku Sombong saat interview (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Walaupun dirimu memiliki nilai akademis jauh diatas rata-rata, bukan berarti kamu bisa langsung mendapatkan posisi yang kamu mau. Terlebih jika dibarengi "iming-iming" kamu seorang anak bangsawan.

Baca juga:

Tips Curi Perhatian HRD Saat Interview Kerja, Dijamin Ampuh

Hindari 7 Bahasa Tubuh Ini Saat Interview Kerja

Jawaban Terbaik Jika Ditanya Alasan Resign Saat Wawancara Kerja

Menghancurkan interview kamu dengan berlagak sombong pun akan membawa dirimu keluar dari proses melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, atau mungkin saja kamu akan "ditandai" sebagai seorang yang buruk untuk perusahaan lain jika kamu memang nekat untuk bertingkah sombong.

4. Berbicara di luar konteks pekerjaan

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal saat 'Interview' Kerja
Berbicara di luar konteks pekerjaan saat interview (Foto: Pexels/Tim Gouw)

Walaupun orang yang bertemu denganmu di sebuah perusahaan adalah orang yang baik, atau mungkin ia adalah teman atau kerabat kamu, bukan berarti kamu bisa seenaknya bercerita tentang apapun menjadi di luar koteks pekerjaan saat interview kerja.

Seperti contohnya membagi pengalaman tentang penyakit alergi, agama, atau sekedar orientasi seksual pun sudah seharusnya dikesampingkan jika kamu sedang tahap melamar pekerjaan di sebuah perusahaan.

Jangan juga terlalu membeberkan informasi yang pribadi kepada perusahaan, karena mereka belum tentu juga ingin mendengarnya. Mungkin juga orang yang berbicara denganmu saat interview akan jengkel dan membuatnya berpikir dua kali untuk menerimamu sebagai pegawai.

5. Menjadi pendengar yang Buruk

Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuatmu Gagal saat 'Interview' Kerja
Menjadi Pendengar yang Buruk (Foto: Pexels/Startup Stock Photos)

Setelah kamu sukses pada sesi interview kerja, biasanya orang yang berbicara denganmu akan mengenalkan perusahaan tempat kamu melamar. Seperti visi misi, job description yang akan kamu lakukan, dan juga pengenalan terhadap lingkungan perusahaan.

Lebih baik kamu menyimak semua yang dijelaskan dengan baik, jadi kamu tidak perlu bertanya dua kali. Apalagi jika kamu sampai menanyakan sesuatu yang sudah dijelaskan sebelumnya. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH