Hasto Bilang PDIP Ogah Koalisi dengan PD-PKS, Masinton: Aspirasi Akar Rumput

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 24 Juni 2022
Hasto Bilang PDIP Ogah Koalisi dengan PD-PKS, Masinton: Aspirasi Akar Rumput
Anggota Komisi III dari Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu. ANTARA News/Fathur Rochman

MerahPutih.com - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menyebut partainya tak mau berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat di Pilpres 2024. Masinton Pasaribu bilang hal itu aspirasi kader di tingkat bawah.

"Yang disampaikan Pak Sekjen (Hasto) secara pribadi dan merupakan aspirasi dari kader PDIP di akar rumput," ucap Masinton di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (24/6).

Baca Juga

Hasto Beberkan Isi Dialog Megawati, Cak Imin, dan Prabowo

Masinton menyebut partai besutan Megawati Soekarnoputri itu saat ini masih melakukan penjajakan kerja sama atau koalisi dengan semua partai, termasuk dengan PKS.

"Dalam kerja sama politik kan semuanya dengan mana saja ya mungkin aja. Artinya bisa dilakukan kerja sama di level politik atasnya, cuma di atasnya ketemu, di bawahnya bisa beda," ujarnya.

Baca Juga

PDIP Ingatkan Kader Tak Terbawa Arus Capres, Hasto: Komando di Tangan Ketum

Hanya saja, kata dia, PDIP tetap memiliki prinsip-prinsip secara ideologis yang tidak bisa diperdebatkan. Ia menegaskan, PDIP akan menutup pintu koalisi dengan partai yang menggunakan isu-isu sektarian dan primordialisme.

Menurutnya, koalisi mestinya dibangun dengan membawa program-program yang rasional kepada masyarakat. Bukan membangun sentimen dan mempertajam polarisasi di masyarakat.

"Itu kan yang paling utama dalam konteks kebangsaan kita. Seperti yang disampaikan Mbak Puan, bahwa pemilu itu ya bukan sarana pertempuran, tapi ajang kompetisi," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Hasto: Kita Bukan Partai yang Suka Cabut Akar Lain

#Masinton Pasaribu #Hasto Kristiyanto #PDIP #Partai Demokrat #Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan