Hasil Tes Kesehatan, Gibran-Teguh dan Bajo Dinyatakan Bebas Narkoba

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 14 September 2020
Hasil Tes Kesehatan, Gibran-Teguh dan Bajo Dinyatakan Bebas Narkoba
Pasangan cawali dan cawawali, Gibran-Teguh menerima hasil tes kesehatan dari KPU Solo, Senin (14/9). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo menegaskan hasil tes kesehatan di RSUD dr Moewardi, kedua pasangan bakal cawali dan cawawali di Pilwakot Solo 2020 dinyatakan sehat dan cukup umur sesuai yang disyaratkan KPU RI.

Kedua pasangan tersebut adalah Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP dan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dari independen.

Baca Juga

Pulihkan UMKM Jakarta, Bank DKI Kucurkan Dana PEN

"Hasil tes kesehatan yang kami terima kedua pasangan calon dinyatakan sehat dan cukup umur untuk maju di Pilwakot Solo," ujar Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti usai rapat pleno dan penyampaian hasil penelitian administrasi persyaratan calon dalam pilkada di kantor KPU Solo, Jawa Tengah, Senin (14/9).

Ia menjelaskan hasil pemeriksaan kesehatan (rikes) pilkada tahun ini berbeda dengan pilkada lima tahun lalu. Di mana pada pilkada dulu hasil rikes dapat rekam medis, tetapi sekarang hanya dapat berita acara hasil pemeriksaan tim pemeriksa.

"Karena ini sudah aturan yang ditetapkan KPU RI kami tidak bisa berbuat banyak. Kami hanya bisa menyampaikan hasil global saja tanpa ada perinci skornya," kata dia.

 Pasangan cawali dan cawawali, Gibran-Teguh menerima hasil tes kesehatan dari KPU Solo, Senin (14/9). (MP/Ismail)
Pasangan Bagyo-Suparjo (Bajo) menerima hasil tes kesehatan dari KPU Solo, Senin (14/9). (MP/Ismail)

Secara global, hasil rikes baik sesuai dengan umur dan mampu kedua pasangan ini mampu melaksanakan tugas baik sebagai walikota maupun wakilwali Solo. Hasil rikes ini berdasarkan hasil pemeriksaan tiga lembaga, yakni Badan Narkotika Nasional (BNN), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Himpunan Psikolog Seluruh Indonesia (HPSI).

"Pada saat pemeriksaan kesehatan pada Selasa dan Rabu pekan lalu ada tiga komponen meliputi, jasmani, rohani, dan bebas narkoba," katanya.

Baca Juga

Warga Butuhkan Bansos Saat Hadapi Resesi Ekonomi

Nurul menambahkan hasil pemeriksaan tim dokter Gibran-Teguh juga memenuhi syarat bebas narkoba dan psikotropika. Demikian halnya pasangan Bajo juga dinyatakan sebagai bakal calon memenuhi syarat bebas narkoba dan psikotropika. (Ismail/Jawa Tengah)

#Gibran Rakabuming #Pilkada Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan