Hasil Survei Terbaru, Selisih Elektabilitas Jokowi vs Prabowo Hanya 12 Persen Direktur Eksekutif Median Rico Marbun. (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Lembaga survei Median kembali merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas pasangan capres-cawapres yang bertarung di Pilpres 2019.

Dalam keterangannya kepada awak media, Direktur Eksekutif Median Rico Marbun mengungkapkan selisih suara antara pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga tinggal 12 persen. Meski pasangan Jokowi-Ma'ruf masih berada di atas Prabowo-Sandi.

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tanggal 4-16 November 2018 terhadap 1.200 responden, diketahui elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 47,7 persen dan Prabowo-Sandiaga 35,5 persen serta responden tidak memutuskan sebanyak 16,8 persen.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin
Jokowi-Ma'ruf Amin. ANTARA FOTO/Akbar Gumay)

"Selisih kedua pasangan 12,2 persen," kata Rico Marbun, di Jakarta, Selasa (27/11).

Survei dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan margin of error plus minus 2,9 persen.

Dalam hasil survei terlihat elektabilitas Jokowi masih di bawah 50 persen. Menurut dia, hal ini diakibatkan masalah ekonomi dan kesejahteraan masih mendominasi benak responden.

Selain itu, mayoritas responden juga lebih mudah menyebutkan kekurangan pemerintah ketimbang keberhasilannya. Ia mengatakan bahwa pemerintahan Jokowi harus mampu meyakinkan publik bahwa infrastruktur yang gencar dibangun dapat meringankan beban ekonomi rakyat.

Pasangan Prabowo-Sandi
Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: Twitter/@sandiuno

Di sisi lain, dia juga menjelaskan bahwa alasan elektabilitas Prabowo masih di bawah Jokowi.

Menurut dia, hal itu dikarenakan persepsi kompetensi Prabowo memperbaiki kondisi ekonomi saat ini belum terbentuk dengan baik.

Rico Marbun sebagaimana dilansir Antara, mengimbau Prabowo memperbaiki gaya komunikasinya yang membuat pribadinya selama ini dianggap keras.

Pasalnya, dari hasil survei, tampak dua hal utama responden tidak memilih Prabowo karena mantan Danjen Kopassus itu memiliki karakter keras dan ambisius.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Polisi Duga Oknum Pemuda Muhammadiyah Gunakan Sisa Dana dengan Modus Laporan Fiktif



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH