Kesehatan
Hasil Studi: Vaksin Keempat Kurang Efektif Cegah Omicron Pusat Medis Sheba menerbitkan pernyataan yang menyerukan untuk melanjutkan upaya vaksinasi untuk kelompok. (freepik.com/freepik)

SUNTIKAN keempat vaksin COVID-19 meningkatkan antibodi, tetapi tidak memberikan perlindungan yang cukup untuk mencegah infeksi dari varian omicron. Demikian menurut penelitian terbaru di sebuah rumah sakit di Israel.

Hasil awal, yang dirilis pada Senin (24/1), menantang gagasan untuk memberikan dosis booster kedua untuk memperlambat penyebaran virus corona. Demikian dikabarkan USA Today.

“Meskipun tingkat antibodi meningkat, vaksin keempat hanya menawarkan pertahanan parsial terhadap virus,” jelas direktur unit pencegahan dan pengendalian infeksi rumah sakit tersebut Gili Regev-Yochay, MD, seperti diberitakan WebMD.

BACA JUGA:

Jangan Tunda Vaksinasi Booster Covid-19 Saat Kasus Omicron Melonjak

“Vaksin, yang lebih efektif melawan varian sebelumnya, menawarkan perlindungan yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan omicron,” katanya.

vaksinasi COVID-19
Pejabat kesehatan masyarakat di Israel mengatakan kampanye untuk dosis keempat masih bermanfaat. (unsplash.com/Jeremy Bezanger)

Dalam uji klinis, 274 pekerja medis di Pusat Medis Sheba dekat Tel Aviv, Israel, menerima dosis vaksin keempat pada Desember. Sebanyak 154 orang mendapat vaksin Pfizer dan 120 orang mendapat vaksin Moderna. Semua orang sebelumnya mendapatkan tiga suntikan Pfizer.

Kedua kelompok menerima peningkatan antibodi yang 'sedikit lebih tinggi' daripada setelah suntikan ketiga. Demikian dijelaskan Regev-Yochay. Namun, jika dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak menerima dosis keempat, suntikan booster ekstra itu tidak mencegah penyebaran omicron.

“Kami melihat banyak orang yang menerima dosis keempat terinfeksi omicron,” kata Regev-Yochay. Meski demikian, ia mengakui yang terinfeksi lebih sedikit daripada kelompok kontrol. Namun, tetapi masih banyak yang terinfeksi.

Menurut The Times of Israel, beberapa pejabat kesehatan masyarakat di Israel mengatakan kampanye untuk dosis keempat masih bermanfaat. Vaksin masih bekerja dengan baik terhadap varian alpha dan delta. Menurut Regev-Yochay, suntikan keempat harus diberikan kepada orang dewasa yang lebih tua dan mereka yang menghadapi risiko lebih tinggi untuk COVID-19 yang parah.

Beberapa jam setelah merilis hasil awal, Pusat Medis Sheba menerbitkan pernyataan yang menyerukan pelanjutan upaya vaksinasi untuk kelompok berisiko saat ini, meskipun vaksin tidak memberikan perlindungan optimal terhadap infeksi varian. Menurut berita The Times of Israel, rumah sakit ditekan untuk mengeluarkan pernyataan setelah Kementerian Kesehatan Israel tidak menyukai rilis hasil studi awal.

vaksinasi covid-19
Ada banyak orang yang menerima dosis keempat tetap terinfeksi varian omicron. (freepik.com/freepik_

Booster kedua mengembalikan tingkat antibodi ke level awal booster ketiga, jelas Nachman Ash, MD, direktur Kementerian Kesehatan Israel kepada Channel 13 TV di Israel seperti diberitakan The Associated Press. “Itu sangat penting, terutama di kalangan populasi yang lebih tua,” katanya.

AP melaporkan pada Minggu (16/1), lebih dari 500 ribu orang di Israel telah menerima dosis keempat sejak negara itu mulai menawarkannya bulan lalu kepada pekerja medis, pasien dengan gangguan kekebalan, dan orang-orang berusia 60 dan lebih tua. Pada saat yang sama, negara itu menghadapi lonjakan virus corona baru-baru ini yang telah menyebabkan jumlah kasus yang memecahkan rekor dan meningkatnya rawat inap.

Pada Selasa (18/1), pemerintah Israel mengatakan akan mempersingkat masa karantina wajib dari 7 hari menjadi 5 hari. “Keputusan ini akan memungkinkan kita untuk terus menjaga kesehatan masyarakat di satu sisi dan menjaga perekonomian tetap berjalan saat ini di sisi lain. Meskipun sulit, kita dapat melewati gelombang ini dengan aman,” kata Perdana Menteri Naftali Bennett.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
4 Makanan Manusia yang Aman Dikonsumsi Anjing
Fun
4 Makanan Manusia yang Aman Dikonsumsi Anjing

Pastikan semua bahan makanan dalam kondisi sudah matang

Senda dil Dragun Swiss, Treetop Trail Terpanjang di Dunia
Fun
Senda dil Dragun Swiss, Treetop Trail Terpanjang di Dunia

Destinasi satu ini wajib masuk dalam daftar perjalananmu.

Body Battery, Gadget Terkini Deteksi Keletihan Tubuh
Hiburan & Gaya Hidup
Body Battery, Gadget Terkini Deteksi Keletihan Tubuh

Tidak sedikit masyarakat yang tidak sadar saat tubuhnya sudah lelah dan rentan terhadap serangan penyakit.

Kisah si Kue Pembawa Pesan Keberuntungan
Kuliner
Kisah si Kue Pembawa Pesan Keberuntungan

Di dalamnya, terselip selembar kertas kecil berisi ramalan atau pesan.

'Paranoia' Jadi Genre Thriller Pertama Riri Riza
Fun
'Paranoia' Jadi Genre Thriller Pertama Riri Riza

Paranoia digarap di masa pandemi.

Kafe Dangdut di New York Jadi Potensi Musik Dangdut Mendunia
Fun
Kafe Dangdut di New York Jadi Potensi Musik Dangdut Mendunia

Potensi musik dangdut bisa menjadi modal utama dalam pengembangan parekraf.

500 Barang Pribadi Sylvester Stallone Dilelang
ShowBiz
500 Barang Pribadi Sylvester Stallone Dilelang

Barang-barang Stallone dilelang karena ia ingin pindah rumah.

Komedian Pete Davidson akan Berangkat ke Angkasa Luar Bersama Blue Origin
Fun
Komedian Pete Davidson akan Berangkat ke Angkasa Luar Bersama Blue Origin

Bergabung dengan para miliarder, Pete Davidson akan ikut dalam penerbangan pesawat Blue Origin.

Tersandung Kasus, Simak Kontroversi yang Pernah Dibuat Anji
ShowBiz
Tersandung Kasus, Simak Kontroversi yang Pernah Dibuat Anji

Anji ditangkap polilsi di kawasan Cibubur.