Hasil Rapid Test Terbaru, 99 Warga Yogyakarta Positif COVID-19

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 28 April 2020
 Hasil Rapid Test Terbaru, 99 Warga Yogyakarta Positif COVID-19
Ilustrasi rapid test corona (Foto: antaranews)

MerahPutih.Com - Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali menerima 5.049 hasil hasil rapid test terbaru warga Yogyakarta. Hasilnya hingga Senin 27 april, menunjukkan 99 orang dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Sementara 4.874 negatif dan 78 mengalami eror.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemda DIY Berty menjelaskan seluruh orang yang melakukan rapid test dengan hasil positif, wajib melakukan prosedur isolasi mandiri di rumah sembari menunggu hasil PCR.

Baca Juga:

Nekat Mudik ke Yogyakarta, Siap-Siap Disuruh Putar Balik

"Tapi bila muncul gelaja demam, batuk, serak, dan sesak nafas, yang bersangkutan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan melalui Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes)," ujar Berty di Yogyakarta, seperti ditulis Selasa (28/4).

Rapid test corona harus diikuti dengan PCR agar benar-benar teruji
Ilustrasi postif corona menurut rapid test (Foto: antaranews)

Saat melakukan isolasi mandiri, pasien diharapkan menjalankan protokol isolasi mandiri dan melakukan konsultasi dengan layanan digital health yang dapat diakses melalui ponsel.

Sementara pasien dengan hasil tes negatif dan eror, yang bersangkutan harus tetap melakukan physical distancing dengan tetap berada di rumah dan menjalani tes RDT ulang 7-10 hari kemudian.

Pemprov DIY terus menyiapkan lokasi khusus karantina para pasien positif Covid 19 maupun para Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Dalam Pengawasan (ODP).

Saat ini Pemda sudah menyiapkan lima shelter di masing-masing Kabupaten dan Kota. Shelter pertama ada di Asrama Haji Rusun Gemawang Kabupaten Sleman yang berkapasitas 52 orang. Shelter kedua di Gedung BLK Kabupaten Bantul yang dapat menampung 12 orang.

Shelter lainnya berada di RSUD Saptosari Kabupaten Gunung Kidul yang mampu menampung 60 orang. Terakhir ada di Rusunawa Giripeni Kabupaten Kulon Progo berkapasitas 24 orang.

Baca Juga:

Cegah Corona Meluas, Jam Operasional Cafe dan Angkringan di Yogyakarta Dibatasi

Catatan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 hingga Selasa 28 April 2020, jumlah pasien positif korona sebanyak 94. Sebanyak 39 diantaranya sembuh, 7 orang meninggal dan sisanya tengah menjalani perawatan.

Sementara jumlah PDP sebanyak 814 orang, dan jumlah ODP adalah 4609 orang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Teresa Ika, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta.

Baca Juga:

Akademisi UGM Perkirakan Mudik Bisa Perpanjang Akhir Masa Pandemi Corona

#Pasien Corona #Virus Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Bagikan