Hasil Premier League: MU Gagal ke Liga Champions, Arsenal Masih Sulit Chelsea menang 3-0 atas Watford (@Chelsea)

MerahPutih.com - Premier League memasuki pekan-pekan akhir. Pekan ke 37. Artinya, semua tim kasta tertinggi di Inggris itu cuma menyisakan satu pertandingan terakhir. Banyak hasil menarik yang terjadi di laga pekan 37, Minggu (5/5) malam WIB. Terutama perebuka posisi empat besar.

Dalam laga tersebut Chelsea meraih kemenangan dengan skor telak 3-0 melawan Watford di Stamford Bridge, Minggu (5/5) malam WIB. Tambahan tiga poin mengangkat posisi The Blues ke urutan tiga klasemen dengan raihan 71 poin. Eden Hazard cs sukses menggusur Tottenham Hotspur yang sebelumnya kalah di laga tandang dari AFC Bournemouth 0-1.

Pelatih Chelsea Maurizio Sarri menurunkan taktik 4-3-3 dengan mengandalkan Pedro, Gonzalo Higuain, dan Eden Hazard di lini depan. Sementara Watford asuhan Javi Gracia menerapkan taktik 4-2-2-2 dengan memainkan Troy Deeney di lini depan yang ditopang pergerakan Gerard Deulofeu, Roberto Pereyra, dan Will Hughes.

Jual beli serangan tercipta di paruh pertama pertandingan. Watford meladeni kualitas individu tuan rumah dengan permainan pressing (tekanan) tiap kali pemain Chelsea mengontrol bola. Tekanan itu menyulitkan permainan tuan rumah berkembang.

Paruh pertama berakhir tanpa gol. Fans tuan rumah menyiuli pemain-pemain Chelsea karena kecewa melihat penampilan mereka, meski faktanya Pedro berulang kali menciptakan peluang berbahaya di pertahanan Watford.

Tim tamu juga menciptakan satu peluang berbahaya dari Deeney ketika menyambar umpan silang Jose Holebas. Namun peluang itu mampu digagalkan oleh kiper Chelsea, Kepa Arrizabalaga. Chelsea harus meningkatkan performa mereka di babak kedua.

Motivasi yang diberikan Sarri pun berbuah positif di awal babak kedua. Dua menit pertandingan dimulai, Ruben Loftus-Cheek mencetak gol kala menerima assist dari Eden Hazard. Ben Foster, kiper Watford, tak bisa mencegahnya. 1-0 Chelsea unggul.

Tiga menit berselang, Chelsea memanfaatkan momentum yang mereka miliki dengan gol kedua yang tercipta via tandukkan kepala David Luiz. Bek asal Brasil berusia 32 tahun menanduk bola dari sepak pojok yang diambil Hazard. 2-0.

Laga praktis dikuasai Chelsea selepas keunggulan tersebut dan sebisa mungkin menjauhkan bola dari pemain-pemain Watford. Bahkan, mereka menggandakan keunggulan di menit 75. Higuain menyempurnakan kemenangan Chelsea.

El Pipita me-lob bola melewati Foster usai menyambar umpan terukur dari Pedro. Chelsea unggul 3-0 dan permainan Watford yang diterapkan Gracia tidak lagi efektif menghadapi mereka.

Tom Cleverley, Isaac Success, dan Andre Gray, yang dimainkan Gracia di babak kedua menggantikan Nathaniel Chalobah, Gerard Deulofeu, dan Troy Deeney, tak mampu mengubah hasil akhir pertandingan. Chelsea menang 3-0 dan naik ke peringkat tiga klasemen.

Manchester Gagal ke Champions

Sementara itu tertutup sudah pintu ke Liga Champions bagi Manchester United. Kepastian itu didapat setelah Setan Merah hanya bermain imbang 1-1 dengan Huddersfield Town di John Smith’s Stadium, Minggu (5/5) malam WIB. United unggul lebih dulu lewat gol Scott McTominay pada menit 8.Tuan rumah menyamakan kedudukan lewat gol Isaac Mbenza (60).

Dalam laga ini, permainan ofensif United sejak menit pertama membuat tuan rumah tidak bisa keluar dari tekanan.

Tim tamu mendapat peluang pertama didapat di menit enam. Sayang eksekusi tendangan bebas Marcus Rashford tepat ke pelukan kiper Jonas Lossl. Selang dua menit kemudian United membuka skor. Scott McTominay mampu memaksimalkan bola liar menjadi gol lewat sepakan kaki kirinya.

Selepas kebobolan gol, Huddersfield yang diasuh Jan Siewert kemudian mencoba lepas dari tekanan United. Hasilnya, Juan Mata nyaris membuat blunder. Beruntung bagi United karena tembakan Bacuna masih melebar dari gawang David De Gea.

Babak pertama memasuki setengah jalan, tuan rumah yang mulai menemukan bentuk permainan dan perlahan memberikan tekanan pada United. Bacuna sekali lagi mengancam gawang De Gea. Lewat menit 30, beberapa peluang didapat tuan rumah. Termasuk saat memaksa De Gea melakukan penyelamatan untuk mengagalkan tendangan Karlan Grant di depan gawang.

Di akhir babak pertama, United berpeluang menambah keunggulan. Namun bola tandukan Pogba masih membentur mistar gawang tuan rumah.

Tak ada lagi gol yang tercipta sampai 45 menit pertama selesai.

Di babak kedua, Huddersfield mulai keluar menekan. Tekanan Huddersfield membuahkan hasil pada menit ke-60. Isaac Mbenza bisa mengonversi umpan Jonas Lossl dengan sepakan mendatar yang memperdaya David De Gea.

United berusaha menekan Huddersfield. Namun pertahanan disiplin tuan rumah membuat upaya tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer tak membuahkan hasil.

Di pengujung laga, Man United nyaris mendapat gol kedua. Namun bola seakan Paul Pogba kembali membentur mistar. Meski sudah ditambah delapan menit injury time, skor 1-1 tak berubah.

Hasil ini membuat Man United tertahan di peringkat enam dengan raihan 66 poin dari 37 laga. Artinya, dengan sisa satu laga, Setan Merah dipastikan gagal finis di empat besar alias gagal tampil di Liga Champions musim depan.

Arsenal Membuang Kesempatan

Hasil kurang bagus juga didapat Arsenal. The Gunners gagal meraih tiga poin setelah bermain imbang 1-1 saat menjamu Brighton & Hove Albion pada pekan ke-37 Premier League di Stadion Emirates, Minggu (5/5) malam WIB.

Arsenal unggul lebih dulu melalui eksekusi penalti Pierre Emerick-Aubameyang di awal babak pertama. Namun, tim tamu menyamakan keadaan, juga melalui titik putih lewa Glenn Murray di pertengahan babak kedua. Arsenal nyaris menciptakan gol cepat. Pada menit kedua, Henrikh Mkhitaryan melepaskan sepakan mendatar yang cuma mentah oleh tiang gawang.

Di menit 8, Arsenal mendapatkan penalti setelah Nacho Monreal terjatuh saat berduel dengan Alireza Jahanbakhsh. Pierre-Emerick Aubameyang menjalankan tugasnya sebagai eksekutor secara sempurna.

Arsenal mendapatkan peluang menambah keunggulan di menit ke-36. Umpan silang Granit Xhaka disambar sundulan Monreal ke pojok kanan bawah, tapi digagalkan kiper Mat Ryan.

Selang tiga menit, Ryan kembali beraksi mengagalkan peluang Arsenal. Kali ini dia mematahkan usaha Alexandre Lacazette. Di ujung paruh pertama, giliran usaha Mkhitaryan yang dihalau Ryan.

Di babak kedua laga berjalan sengit. Di menit 61, tim tamu mampu menyeimbangkan kedudukan. Brighton mendapatkan penalti setelah March dijatuhkan Xhaka. Murray maju sebagai eksekutor dan sukses menyamakan skor.

Aubameyang membuang peluang besar di menit ke-74 saat umpan Mkhitaryan berbelok dan mengarah kepadanya di tengah kotak penalti. Tembakannya tipis saja ke kiri gawang.

Arsenal terus mengejar gol kemenangan. Sepakan Lacazette di menit ke-89 patah di tangan Ryan. Sampai pertandingan tuntas, tak ada gol lain tercipta.

Hasil ini membuat Arsenal sulit untuk finis di empat besar. Mengoleksi 67 poin dari 37 laga, tim Unai Emery ini tertinggal tiga poin dari Tottenham Hotspur di posisi empat.

Arsenal bisa finis di peringkat keempat hanya dengan mengalahkan Burnley di laga terakhir sembari mengharapkan Spurs kalah dari Everton dengan skor yang bisa menutup selisih delapan gol.


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH