Hasil Donasi Lifechanger Concert akan Digunakan untuk Membangun 1000 Unit Hunian Sementara Hasil donasi Lifechanger Concert akan digunakan untuk membangun 1000 hunian sementara (Foto: MP/Samantha Samsuddin)

MELALUI Yayasan Allianz Perduli, Allianz Indonesia menyelenggarakan Lifechanger Concert yang merupakan konser amal untuk membantu pengungsi dari bencana yang terjadi beberapa waktu lalu.

Menurut Muhamad Irwan Lapata, selaku Bupati Sigi mengatakan bahwa dari 176 desa yang terletak di Kabupaten Sigi, terdapat 160 desa yang terkena dampak dari gempa, likuifaksi (pencairan tanah), dan tanah longsor.

Bencana alam ini telah melahap 9.740 rumah penduduk setempat. Selama 6 bulan belakangan, baru sekitar 5.300 rumah yang berhasil dibangun kembali, namun masih ada lebih dari 4000 keluarga yang masih tinggal di tenda dengan kekurangan sarana seperti air bersih, dan juga bahan pangan.

Hasil Donasi Lifechanger Concert akan Digunakan untuk Membangun 1000 Unit Hunian Sementara
(Foto: MP/Samantha Samsuddin)

Karena kurangnya dana dan kesiapan dari pemerintah atas bencana alam yang melanda ini, Yayasan Allianz Perduli Indonesia menyelenggarakan Lifechanger Concert yang merupakan konser amal untuk membantu pengungsi gempa di Lombok & Sulawesi.

Bekerja sama dengan Habitat for Humanity Indonesia, penghasilan dari Lifechanger Concert ini akan digunakan untuk pembuatan 1000 unit Hunian Sementara (HUNTAR). HUNTAR merupakan rumah hunian sementara yang membutuhkan waktu sekitar 10 hari untuk membangun satu unit.

Hasil Donasi Lifechanger Concert akan Digunakan untuk Membangun 1000 Unit Hunian Sementara
(Foto: MP/Samantha Samsuddin)

Ketika diwawancara oleh merahputih.com, Santoso Samsudin, National Director Habitat for Humanity mengatakan bahwa berkat bantuan donasi, saat ini telah diadakan workshop yang dekat dengan lokasi kejadian sehingga dapat memangkas waktu pembangunan satu unit HUNTAR dari sekitar 10 hari menjadi lima hari saja.

Tenaga kerja yang digunakan juga berasal dari daerah setempat. “Kami juga sedang kekurangan tenaga kerja, karena jika mengambil tenaga kerja dari Jawa, cost akan tinggi lagi,” jelasnya.

Saat ini Habitat telah membangun sekitar 900 HUNTAR, dan dengan diadakannya Lifechanger Concert , maka akan ditambahkan 1000 HUNTAR lagi. Jumlah donasi yang telah terkumpul dari acaraLifechanger Concert sampai pukul 16.50 ini senilai Rp. 522.608.000 juta. (shn)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH