Hasil Dari Pertemuan KTT ASEAN Labuan Bajo

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 12 Mei 2023
Hasil Dari Pertemuan KTT ASEAN Labuan Bajo
Delegasi KTT ASEAN. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Para pemimpin negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) telah selesai bertemu di Labuan Bajo, NTT, 10-11 Mei 2023.

Dalam pernyataan bersama yang disampaikan oleh para pemimpin ASEAN, mereka menekankan pentingnya bagi ASEAN untuk menjaga kesatuan dan sentralitas saat terlibat dengan mitra-mitra eksternal.

Baca Juga:

Kapolri Waspadai Terjadinya Kepadatan Saat Kepulangan Para Pimpinan Negara KTT ASEAN

“Kami menekankan pentingnya ASEAN untuk mempertahankan kesatuan dan sentralitas dalam keterlibatan dengan para mitra eksternal, meningkatkan rasa saling percaya dan keyakinan, untuk memperkuat arsitektur regional yang terbuka, transparan, inklusif, dan berbasis aturan yang menjunjung tinggi hukum internasional,” kata para pemimpin ASEAN dalam pernyataan bersama tersebut.

Para pemimpin ASEAN juga berkomitmen untuk terus kontribusi dalam upaya mewujudkan Visi Komunitas ASEAN 2045 dan memberikan tanggapan proaktif terhadap tantangan yang muncul.

Para pemimpin ASEAN juga menegaskan kembali pentingnya kerja sama ASEAN Plus Three (APT), yang terdiri dari negara anggota ASEAN ditambah China, Jepang, dan Korea Selatan dan perlunya memperkuat kerja sama melalui Rencana Kerja Sama APT periode 2023-2027.

“Kami berkomitmen untuk memperkuat mekanisme APT, termasuk antara lain Chiang Mai Initiative Multilateralization (CMIM) dan APT Emergency Rice Reserve (APTERR), untuk memperkuat ketahanan dan kesiapsiagaan kawasan terhadap guncangan dan krisis di masa depan,” menurut pernyataan tersebut.

Selanjutnya, para pemimpin ASEAN juga menegaskan kembali komitmen mereka kepada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Timur (East Asia Summit/EAS) sebagai forum untuk dialog dan mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran ekonomi di kawasan, dengan ASEAN sebagai kekuatan pendorong.

“Kami berkomitmen pada satu Pernyataan EAS sebagai dokumen hasil KTT Asia Timur ke-18 yang menekankan komitmen negara-negara peserta EAS untuk mendukung kawasan ini sebagai pusat pertumbuhan,” demikian pernyataan tersebut.

Selanjutnya, pernyataan tersebut juga menegaskan kembali pentingnya peran Forum Regional ASEAN (ARF) dalam mempromosikan dialog dan kerja sama antar anggota ASEAN dan sebagai platform utama untuk membangun rasa saling percaya.

ARF juga berperan dalam konsultasi tentang masalah politik dan keamanan regional yang menjadi perhatian dan kepentingan bersama.

“Kami menegaskan kembali kebutuhan untuk lebih meningkatkan keefektifan dan mempertahankan relevansi (ARF) dalam arsitektur keamanan regional yang terus berkembang dengan maksud untuk membangun kapasitas, mengembangkan keahlian, dan meningkatkan koordinasi,” demikian isi pernyataan tersebut. (Knu)

Baca Juga:

Jokowi Segera Umumkan Hasil Akhir dari KTT ASEAN Labuan Bajo

#KTT ASEAN #ASEAN
Bagikan
Bagikan