'Hasan' Jadi Akronim Hari Santri 2017, Ada Kejutan bagi Anak Bernama Hasan Konferensi pers Hari Santri 2017 di di Gedung PBNU Jakarta, Kamis (10/8). (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - "Hasan" terpilih menjadi akronim resmi Hari Santri di peringatan HSN Tahun 2017 ini.

Ketua Panitia HSN 2017 dari Rabithah Ma'had Islami (RMI) atau Asosiasi Pesantren Nusantara Muhammad Atthoillah mengatakan penggunaan akronim "Hasan" dipilih bukan tanpa alasan.

Menurut pria yang biasa disapa Gus Ali ini, penggunaan "Hasan" merupakan sebuah harapan agar santri dapat menebar kebaikan bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Dalam bahasa Arab, 'hasan' itu artinya baik. Jika Hari Santri disingkat Hasan, artinya di sana tersimpan misi kebaikan untuk bangsa," terang Gus Aik di Gedung PBNU Jakarta, Kamis (10/8).

Meski demikian, katanya, tidak ada kewajiban dan paksaan untuk menggunakan istilah "Hasan" untuk menyingkat hari santri, namun untuk mengampanyekan Hari Santri lebih tepat digunakan "Hasan"

"Tahun lalu peringatan Hari Santri 2017 semarak dengan beredarnya macam-macam akronim. Ada yang menggunaakan HSN (Hari Santri Nasional), Harsan (Hari Santri), ada pula yang pakai singkatan Haris. Tapi lebih pas 'Hasan'," ujarnya.

Selain itu, Hasan sering juga diberikan nama bagi para santri. “Nama mereka santri, akhlaknya juga santri, bahkan ada nama pahlawan bernama Hasanuddin dari Makassar," tandasnya.

Jadi, Hasan adalah akronim paling pas untuk kepanjangan Hari Santri. “Nanti kita akan adakan kejutan buat mereka yang memilih Hasan untuk nama anaknya,” imbuh Gus Aik. (Fdi)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: FDS Bertentangan Dengan Semangat Hari Santri


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH