Haruskah Menghapus Foto-Foto Mantan di Media Sosial? Menyimpan foto berdua mantan di media sosial bisa jadi bumerang. (foto: pixabay/AdinaVoicu)

DI era serbadigital, kehidupan di dunia nyata dengan mudah berpindah ke dunia maya. Kehadiran media sosial memnungkinkan hal itu terjadi. Orang berlomba-lomba mengunggah segala hal tentang kehidupan mereka ke media sosial, termasuk dalam hal percintaan.


Ketika tengah memadu kasih, mengunggah foto ke media sosial jadi satu yang biasa bagi pasangan. Bahkan hal itu bisa jadi kebiasaan kamu dan pasangan. Namun, ketika hubungan berakhir, tinggallah kamu yang bingung menentukan, akan diapakan foto-foto mesra di media sosial itu?

Foto Mantan Berpotensi Bikin Susah Move On

woman
Melihat-lihat foto mantan di medsos berpotensi bikin kamu terjebak nostalgia. (foto: pixabay/rondellmeling)


Menghapus atau tidak foto mantan di media sosial merupakan hak pribadi kamu. Jika foto mantan bikin kamu baper, enggak ada salahnya menghapus semua foto kalian. Dengan begitu, perasaan kamu akan lebih ringan sehingga gampang move on.

Seperti dilansir Huffington Post, melihat foto mantan di media sosial terbukti bisa menggagalkan usaha kamu untuk move on. Birapun niatnya cuma mengenang, kamu justri bisa terjebak nostalgia lo.

Sebuah penelitian di jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking pada 2015 mengungkapkan bahwa semakin sering kamu membuka foto-foto bersama mantan di media sosial, semakin besar pula keinginan kamu untuk kembali menjalin hubungan dengannya.

Kalau sudah begitu, jangankan cepat move on, kamu bisa jadi selalu baper tiap kali melihat foto mantan. Selain itu, bukan enggak mungkin itu akan membuka luka lama. Pada akhirnya, itu membuat kamu menyesal sudah putus dengan pacar.

Lalu mesti bagaimana?

mobile
Ada hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menghapus foto mantan. (foto: pixabay/erik_lukatero)

Ada baiknya memang menghapus foto-foto mantan dari media sosial kamu. Namun, sebelum melakukannya, pertimbangan hal-hal berikut ya.


1. Jangan terburu-buru

Media sosial itu kan milik pribadi. Jadi enggak ada aturan bagaimana kamu harus mengisinya. Enggak pula ada aturan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghapus foto mantan dari medsos.

Artinya, santai saja. Tak perlu buru-buru langsung menghapus semua foto bergitu putus. Mantapkan hatimu, jangan terbawa emosi. Melakukan tindakan tanpa berpikir panjang seringnya berujung pada penyesalan lo.

Jangan sampai kamu malah menyesal telah menghapus semua foto lalu sibuk sendiri mencari-cari foto mantan. Ya, itu sama saja kamu makin susah move on.

2. Tetap jalin pertemanan

Meskipun sudah enggak lagi punya hubungan romantis, bukan berarti kamu dan mantan enggak bisa berteman kan. Boleh saja foto-foto mantan di media sosial kamu hapus, tapi pertemanan haruslah tetap terjalin.

Selain itu, menghapus foto kamu berdua di masa lalu bisa membantu menjaga perasaan dan privasi masing-masing lo.

3. Hargai pacar baru


Seperti dilansir Hellosehat, Katie M Waber, seorang peneliti dalam jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking pada 2014, mengungkapkan bahwa seluruh konten di media sosial, entah itu foto, komentar, atau video, dapat membuat kamu semakin sulit menghapus bayangan mantan dalam hidup kamu.

Sudah pasti itu bisa membahayakan hubungan kamu bersama pacar baru. Bisa saja foto mantan di media sosial menimbulkan kesan kamu belum move on dari mantan.

Jadi menghapus foto mantan bisa menjadi salah satu cara kamu menghargai pacar baru kamu. Yang sudah berlalu, biar berlalu deh. Saatnya kamu memulai lembaran baru.(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH