Harus Tahu! Ada Aturan Pakai Kosmetik Bagi Ibu Hamil Ibu hamil tidak boleh pakai alat kosmetik berwarna cerah (Foto: Pexels/Leah Kelley)

IBU-Ibu hamil tetap boleh tampil cantik saat tengah mengandung anak. Maksudnya tidak masalah jika ingin menggunakan peralatan kosmetik. Akan tetapi ada beberapa aturan yang harus dipatuhi ibu hamil dalam menentukan peralatan kosmetik yang bisa digunakan.

Menurut Dokter Elly Esther Christy Oroh, SpKK, benda kosmetik apapun dapat digunakan ibu hamil. Asalkan tidak yang memiliki warna mencolok. Pasalnya terdapat kandungan bahan tekstil pada benda kosmetik yang memiliki warna mencolok. "Warna yang sangat mencolok tidak dianjurkan untuk ibu hamil," ungkapnya saat ditemui merahputih.com belum lama ini di Jakarta Selatan.

Kandungan bahan tekstil tersebut dapat membahayakan bayi yang dikandung. Sebab akan terjadi kontak alergi pada kosmetik warna cerah karena kandungan tersebut. "Warna-warna terang seperti merah terang, biru terang, itu tidak boleh," tambahnya.

Mungkin agaknya tidak mungkin bayi dalam kandungan perut dapat terpengaruh dengan kandungan benda kosmetik. Sebenarnya hal ini memungkinkan. Kata Dokter Elly bahan kosmetik seperti tata rias yang dioleskan pada kulit misalnya.

Gunakan alat kosmetik berwarna lembut (soft) (Foto: Pexels/freestocks.org)

Peralatan tata rias yang dioles pada kulit akan terserap ke dalam sirkulasi darah hanya dalam waktu lebih kurang 10-20 menit. Artinya bahan apapun dapat masuk ke dalam tubuh walaupun hanya teroles di bagian luar tubuh alias kulit. "Kalau mengoleskan make up jangan berpikir efeknya hanya di kulit," tegasnya. Setelahnya, dalam waktu 90 menit bahan make up akan hilang kembali.

Untuk itu ia menganjurkan bagi ibu hamil hanya menggunakan kosmetik berwarna lembut (soft). Tidak ada kandungan berbahaya pada jenis warna itu. Warna soft sendiri termasuk warna krem dan juga cokelat tua.

Terlepas dari hal ini yang terpenting menurut Dr Elly penggunaan alat kosmetik harus berdasarkan masalah kulit yang dialami seseorang. Untuk itu, usahakan berkonsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum menentukan produk kosmetik yang akan digunakan. "Jika seseorang memiliki kulit sensitif kita harus melihat produk kosmetik itu," tutup Dr Elly.

Jadi untuk ibu-ibu hamil tidak perlu takut terlihat tidak cantik ya saat mengandung si kecil! (ikh)

Baca juga: Para Ibu Hamil, Hentikan Puasa Jika Alami Gejala Ini

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH