Harus Coba, Kendaraan Ikonik nan Unik Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 30 Juli 2018
Harus Coba, Kendaraan Ikonik nan Unik Ini
Tuk-tuk Thailand yang ikonik. (foto: pixabay/stockcnap)

KETIKA melancong ke suatu tempat, ada beberapa kendaraan yang bisa kamu gunakan seperti pesawat, kereta, bus, dan mobil. Kendaraan-kendaraan tersebut merupakan kendaraan yang umum. Namun, ada beberapa jenis kendaraan yang ikonik sehingga menjadi khasnya tempat tertentu.

Berikut kendaraan ikonik yang wajib banget kamu coba.


1. Tuk-Tuk

tuk-tuk
Tuk-tuk yang mirip bajaj. (foto: socialgiver)

Tuk-tuk merupakan salah satu alat transportasi khas Thailand. Bentuknya mirip dengan kendaraan bajaj yang ada di Jakarta lengkap dengan tiga roda yang menopang dan jendela yang terbuka lebar, sedangkan sang supir duduk di depan. Bepergian dengan tuk-tuk di Bangkok merupakan pengalaman yang tak ada duanya. Kamu mungkin berpikir kendaraan tersebut hanya cocok untuk jarak dekat. Rupanya Tuk-tuk bisa dimanfaatkan untuk bepergian jarak jauh. Di Sri Lanka, menggunakan tuk-tuk untuk perjalanan jarak jauh menjadi daya tarik tersendiri.

2. Shinkansen

shinkansen
Shinkansen, kereta tercepat dunia. (foto: japanican)

Jepang terkenal karena ketepatan waktu keberangkatan kereta. Salah satu jenis kereta yang bisa kamu coba di sana ialah Shinkansen. Kereta berbentuk seperti peluru tersebut merupakan kereta tercepat di dunia. Rata-rata kecepatan kereta tersebut mencapai 603 km/jam. Jepang memiliki tujuh jalur bullet train. Harga tiket bullet train saat ini berkisar US$ 160 untuk sekali perjalanan atau U$ 350 untuk kereta selama 7 hari. Kereta api yang satu ini eksklusif karena hanya ada di Jepang. Untuk itu, jangan lewatkan pengalaman mencoba bullet train.


3. Balon Udara

Nikmati sensasi naik balon udara di Turki. (foto: adrenaline)

Ada sesuatu yang istimewa ketika balon udara meluncur melintasi langit. Kamu bisa melihat seluruh pemandangan kota dari ketinggian mencapai 5.000 kaki. Naik balon udara ketika matahari tenggelam menjadi momen romantis yang tak boleh dilewatkan. Ada perasaan damai tersendiri saat melihat balon udara mengambang di langit. Balon udara banyak tersedia di berbagai tempat. Salah satu negara yang cukup terkenal akan balon terbangnya ialah Turki.

4. Becak Tarik

rickshaw
Rickshaw, becak yang ditarik. (foto: the Japan Times)

Becak yang ditarik dengan sepeda merupakan hal biasa. Namun, apa yang terlintas dipikiranmu ketika mendengar becak ditarik dengan tenaga manusia? Hal tersebut tentu saja memiliki keistimewaan sendiri. Meskipun tampak tidak realistis, para penarik becak tersebut dengan terampil menarik becak yang memuat maksimal dua orang tersebut dengan tangannya tanpa bantuan mesin apa pun. Becak tarik banyak ditemui di Tokyo, Jepang, dan India.

Setap kendaraan memiliki sensasi yang sulit dilupakan. Mau coba yang mana dulu?(Avi)

Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan