Harus Bagaimana Ketika 'Tertangkap Basah' oleh Anak saat Bercinta?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 02 Januari 2023
Harus Bagaimana Ketika 'Tertangkap Basah' oleh Anak saat Bercinta?
Jangan sampai anak menyaksikan orangtua berhubungan intim. (Pixabay/StockSnap)

SALAH satu hal yang paling dikhawatirkan oleh orangtua ketika memiliki anak adalah tertangkap basah saat sedang berhubungan intim. Kalau dulu saat masih berdua di honeymoon phase sih, bermesraan intim di dapur atau ruang tamu bukan menjadi masalah besar. Tetapi ketika sudah memiliki anak, orangtua perlu curi-curi waktu untuk berhubungan intim dan berusaha untuk tidak terdengar apalagi terlihat oleh anak.

Melansir dari parenting.firstcry, orangtua memang seringkali lupa untuk mengunci pintu sehingga anak tak sengaja masuk kamar. Masalahnya anak hanya akan memberikan dua reaksi. Pertama tak begitu peduli sehingga akan lupa seiring dengan berjalannya waktu. Kedua menjadi trauma yang terbawa hingga anak tumbuh dewasa.

Baca juga:

Recharge Mood dengan Bercinta

Harus Bagaimana Ketika 'Tertangkap Basah' oleh Anak?
Anak akan tumbuh dengan trauma jika menyaksikan sesuatu yang tidak sesuai dengan usianya. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Tetap tenang

Anak terutama di usia toddler sangat senang mengejek dan mengolok orangtua jika mendapatkan kesempatan tersebut. Jika anak terlanjur menangkap basah orangtua saat berhubungan intim, langkah pertama adalah bersikap tenang dan sama sekali tidak menunjukkan wajah panik.

Anak bisa melihat kepanikan dari raut muka, sehingga mereka menganggap orangtua pasti baru saja melakukan aktivitas 'terlarang'. Dengan menunjukkan ekspresi tenang, anak secara tidak langsung tak mungkin berani berpikir macam-macam apalagi mengolok orangtua. Mereka malah akan antusias untuk mendengarkan penjelasan logis dari orangtua.

Minta keterangan

Sebelum memberikan penjelasan, minta keterangan dari anak terlebih dahulu mengenai sudah sejauh mana anak melihat orangtuanya. Apakah sebatas melihat pemandangan orangtua tanpa pakaian, atau sudah terlanjur melihat proses hubungan intim? Jawaban orangtua harus sesuai dengan keterangan dari sang anak.

Apabila hanya sebatas melihat orangtua telanjang, kamu bisa mengalihkan dengan memberikan jawaban bahwa orangtua saat itu hanya sebatas ingin mandi bersama.

Tetapi jika terlanjur melihat 'adegan' tersebut, mau tak mau orangtua perlu memberikan penjelasan singkat dan ringan mengenai hubungan intim antar orangtua, dengan menggunakan kalimat yang mudah dimengerti oleh anak.

Baca juga:

Begini Cara Seru Mencuri Waktu Bercinta Setelah Punya Anak

Harus Bagaimana Ketika 'Tertangkap Basah' oleh Anak?
Berikan penjelasan ringan kepada anak jika sudah terlanjur kepergok. (Pixabay)

Tak harus memberikan penjelasan

Jika anak yang memergoki dirimu sudah berusia remaja dan mendapatkan pendidikan seks di sekolahnya, kamu tak perlu memberikan penjelasan lebih lanjut kepada mereka. Anak remaja biasanya akan malu sendiri ketika memergoki orangtua sedang berhubungan intim, sehingga bertanya kepada mereka mengenai hal ini adalah keputusan yang buruk.

Mereka sudah mengerti kok bahwa hubungan intim yang dilakukan oleh orangtua adalah hal yang wajar. Kamu baru boleh memberikan keterangan lebih lanjut apabila anak remaja bertanya terlebih dahulu. Selebihnya? Lebih baik diam saja deh. (Mar)

Baca juga:

Bercinta Sambil Bermain Peran, Kenapa Tidak?

#Parenting #Seks
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan