Harun Yahya alias Adnan Oktar Ditangkap Polisi Turki Harun Yahya alias Adnan Oktar saat ditangkap kepolisian Istanbul (Foto: anadolu)

MerahPutih.Com - Penulis dan juru dakwah televisi populer Harun Yahya atau Adnan Oktar ditangkap kepolisian Istanbul, Rabu (11/7) pagi. Polisi juga menangkap 235 orang di seluruh Turki yang terkait dengan dugaan kejahatan yang dilakukan Harun Yahya.

Penangkapan Harun Yahya tidak terlepas dari daftar buronan yang dikeluarkan lembaga kejahatan keuangan Turki melalui kepolisian di sejumlah provinsi yang melibatkan kelompok yang berafiliasi dengan penulis kontroversial tersebut.

Sumber kepolisian menyebutkan Harun Yahya alias Adnan Oktar diduga terlibat dalam sejumlah tindak kriminal yang meliputi penculikan,pelecehan seksual, kekerasan seksual, pengemplangan pajak dan melanggar undang-undang antiteror.

Harun Yahya alias Adnan Oktar
Harun Yahya alias Adnan Oktar penulis kontroversial Turki (Foto: adnanoktar.com)

Proses penangkapan Harun Yahya dilakukan secara serentak di lima provinsi dan banyak juga yang telah ditahan sebagai tersangka.

Sebagaimana lansir Kantor Berita Turki Anadolu, Harun Yahya memiliki program televisi sendiri yang diberi nama A9. Program tersebut secara khusus membahas dikusi keagamaan dan isu-isu sosial. Menariknya, dalam program tersebut, Harun Yahya selalu tampil dengan dikelilingi sejumlah perempuan cantik yang disebutnya 'anak kucing'.

Pada September 1999 Adnan Oktar ditahan dan dituduh mengancam untuk kepentingan pribadi dan membuat organisasi dengan tujuan melakukan kejahatan. Setelah menjadi proses peradilan selama dua tahun, pada akhirnya dia dinyatakan bebas.

Media Israel, Jerusalem Post menyebut Adnan Oktar sebagai sex cult leader yang sangat berpengaruh di Turki. Harun Yahya telah menulis ratusan buku dan artikel yang mengkritik teori Evolusi dan Darwinisme. Bahkan, saking pengaruhnya Turki sempat melarang pelajaran Evolusi dihilangkan dari semua buku-buku sekolah dasar.

Harun Yahya dalam program A9
Adnan Oktar alias Harun Yahya dalam program A9 (Foto: turkiye.com)

Pasca-pelantikan Recep Tayyip Erdogan sebagai presiden Turki untuk periode baru, penyelidikan terhadap dugaan kejahatan Harun Yahya mulai digeber kepolisian di sejumlah wilayah Turki. Apakah penangkapan Harun Yahya terkait dengan situasi politik Turki yang makin ke kanan?

Di Indonesia, buku-buku Harun Yahya cukup laris manis. Sejumlah penerbit bahkan menempatkan buku karya Harun Yahya sebagai best seller. Meski demikian, beberapa kalangan menolak Harun Yahya disebut sebagai ilmuwan.

Harun Yahya diapiti sejumlah perempuan
Harun Yahya bersama para 'anak kucing'-nya (Foto: times of israel)

Dilansir dari wikipedia, berikut sejumlah buku-buku populer karya Harun Yahya yang sebagiannya sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia:

1. Yahya, Harun (2003). Why Darwinism Is Incompatible with the Quran. Global Publishing.
2. Yahya, Harun (2004). Signs of the Last Day. Global Publishing.
3. Yahya, Harun (2004). The Muslim Way of Speaking.
4. Yahya, Harun (2004). Passivity in Religion.
5. Yahya, Harun (2004). The Signs Of Jesus' Second Coming.
6. Yahya, Harun (2004). Answers from the Quran: For Newcomers to Islam.
7. Yahya, Harun (2004). Communist China's Policy of Oppression in East Turkestan. Global Publishing.
8. Yahya, Harun (2006). Atlas Of Creation (Volume 1).
9. Yahya, Harun (2007). Biomimetics: Technology Imitates Nature.
10. Yahya, Harun (2007). Miracle in the Eye.
11. Yahya, Harun (2007). Allahs Miracles in the Quran. Goodword Publication.
12. Yahya, Harun (2007). Atlas of Creation Volume 2.
13. Yahya, Harun (2007). Atlas of Creation Volume 3.
14. Yahya, Harun (2007). Consciousness in the Cell.
15. Yahya, Harun (2007). Global Impact of the Works of Harun Yahya.
16. Yahya, Harun (2001). Miracles of the Qur'an. Al-Attique Publishers Inc.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Tersangkut Kasus Korupsi, Polisi Israel Kembali Periksa Benjamin Netanyahu



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH