'Harta' Notre Dame yang Membuat Katedral ini Ikonik Notre Dame dikenal karena punya bagian-bagian yang ikonik. (foto: Instagram @marrie.winchester)

KATASTROFE menimpa Notre Dame. Katedral ikonik di Kota Paris itu diamuk api, Senin (15/4). Kebakaran terjadi tiba-tiba dan membuat publik terpukul.

Wakil Wali Kota Paris Emmanuel Gregoire, seperti dilansir BBC, mengatakan Notre Dame menderita kerusakan dalam taraf kolosal. Regu penyelamat dan pemadam kebakaran berusaha keras menyelamatkan karya seni dan benda-benda berharga yang tersimpan dalam katedral tersebut.

Meskipun demikian, interior kayu gereja tak lagi bisa diselamatkan. Kerangka kayu yang menopang atap runtuh, membuat atap runcing ikonik Notre Dame kolaps.

Selain atap, beberapa bagian Notre Dame amat terkenal sehingga membuat katedral ini jadi ikonik.

1. Jendela Mawar

notre dame
Jendela mawar di Notre Dame. (foto: Instagram @carolineburgoff)


Ada tiga kaca mawar di katedral ini. Semuanya berasal dari abad ke-13. Jendela mawar terkecil dan pertama berada di bangunan bagian barat. Karya seni itu diselesaikan sekitar 1225. Keunikan jendela mawar ini terletak pada posisinya yang terlihat seperti menopang susunan batu di sekitarnya.

Di bagian selatan, terdapat sebuah jendela mawar dengan diameter mencapai 13 meter. Sebanyak 84 panel menyusun jendela tersebut. Namun, jendela di bagian selatan sudah bukan bentuk awal karena pernah rusak saat kebakaran sebelumnya.

Hingga kini, sperti dilansir BBC, belum ada pernyataan tentang keselamatan jendela mawar tersebut selamat dari amukan api.

2. Dua Menara

menara notre dame
Dua menara Notre Dame. (foto: Instagram @marrie.winchester)

Para turis akan meluangkan waktu kunjungan mereka untuk berdiri di depan dua menara bergaya Gothic. Kedua menara itu bak mahkota di fasad bagian barat katedral.

Fasad bagian barat mulai dikerjakan pada 1200. Namun, menaara pertama, yang ada di sebelah utara, baru selesai 40 tahun kemudian. Sepuluh tahun kemudian, pada 1250, menara kedua di bagian selatan selesai dibangun.

Kedua menara punya ukuran tinggi yang sama, 68 meter. Dengan menaiki 387 anak tangga, turis bisa menikmati panorama Paris dari sana.

3. Gargoyles

gargoyle notre dame
Gargoyles di puncak menara Notre Dame. (foto: Instagram @alxgntr)


Di puncak menara, patung gargoyles menunggu para turis. Makhluk mistis tersebut umumnya berbentuk lebih dari satu jenis binatang. Yang paling terkenal ialan gargoyle Stryge. Patung itu duduk di atas bangunan, mengawasi penjuru kota dengan kepala berpangku pada tangan.

4. Lonceng

hunchback of notre dame
Kisah lonceng Notre Dame dan Quasimodo diangkat Victor Hugo dalam bukunya. (foto: IMDB)


Ingat Quasimodo yang hidup di menara lonceng Notre Dame? Tokoh fiktif itu muncul dalam karya Victor Hugo di 1831: The Hunchback of Notre Dame. Quasimodo yang buruk rupa dan dirundung warga menemukan tempat berlindung di katedral tersebut. Ia kemudian dipekerjakan sebagai pembunyi lonceng.

Ya, katedral ini punya 10 bel yang ikonik. Lonceng terbesar, Emmanuel, punya berat 23 ton. Lonceng tersebut dipasang di menara selatan pada 1685.

Saat katedral ini merayakan ultah ke-850 pada 2013, lonceng di menara selatan ditempa ulang. Setiap bel diberkati dan diberi nama seperti nama Santo sebagai replika bel yanng dilelehkan untuk meriam pada masa Revolusi Prancis.

5. Atap Kerucut Bergaya Gothic

notre dame spire
Atap kerucut Notre Dame kolaps dalam kebakaran. (foto: Instagram @loriimages)


Pada kebakaran Senin (15/4), atap kerucut Notre Dame yang menjulang terlihat runtuh. Atap itu berasal dari abad 12. Bagian bangunan ini mengalami beberapa kali perubahan, termasuk dicopot ketika Revolusi Prancis terjadi. Baru pada 1860-an, atap kerucut ini dibangun ulang.

6. Relikui

passion of the christ
Relikui dari prosesi jalan salib disimpan di Notre Dame. (foto: IMDB)


Inilah bagian paling penting dari Notre Dame. Kadetral ini merupakan rumah untuk relikui dari prosesi jalan salib. Relikui itu berpa salib, paku, dan mahkota duri yang suci. Kabarnya, mahkota duri diselamatkan dari amukan api.(dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH