HarmonyOS, Sistem Operasi Huawei yang akan Bersaing di Pasar Global Huawei datangkan HarmonyOS sebagai sistem operasi untuk pasar global (Foto: Pexels/Alex Fu))

HUAWEI akan merilis sistem operasi terbaru yang akan mereka pakai di smartphone besutannya. Dengan nama pinyin Hongmeng dan nama global HarmonyOS, sistem operasi ini akan menggantikan smartphone Huawei yang dulunya memakai Android.

Menurut laman How to Geek dan The Verge, sistem operasi yang sudah diumumkan sejak tahun 2019 di 'HDC.2019 Songshan Lake' Agustus lalu ini memiliki basis yang mirip-mirip dengan Android. Sistem operasi ini hadir dengan arsitektur Linux yang menggunakan desain microkernel sebagai pondasi terbentuknya program yang mereka ciptakan di HarmonyOS.

Baca juga:

realme Narzo, Performa Tinggi Harga Kompetitif

Secara perumpamaan, bila monolithic kernel yang dipakai oleh Android adalah orang yang mengerjakan semua tugas sendiri, microkernel adalah satu kelompok yang mengerjakan tugasnya masing-masing.

Sistem operasi yang basisnya mirip dengan android (Foto: Pexels/giftpundits.com)

Dikarenakan kerja microkernel tersebut, sistem operasi ini akan mengatur pemakaian memori dan prosesor yang jauh lebih efisien, cepat, dan lebih aman ketika menjalankan aplikasi karena akses pada aplikasi bersifat minim dan lebih terstruktur.

Seperti contohnya microkernel Mach Kernel di iOS yang digunakan oleh Apple, dan sistem QNX pada Blackberry telah menerapkan desain microkernel pada sistem operasinya. Bisa jadi dengan efisiensi microkernel tersebut membuat HarmonyOS tak perlu memprioritaskan spesifikasi smartphone yang mutakhir dengan memori dan prosesor.

Baca juga:

Ponsel realme X3 SuperZoom Siap Diluncurkan, Intip Spesifikasinya

Huawei mengklaim HarmonyOS akan dipakai di beberapa produk yang ia rilis. Seperti smartband, router, televisi, dan masih banyak lagi. Honor sebagai anak perusahaan Huawei juga akan mengikuti jalan Huawei untuk menggunakan HarmonyOS untuk beberapa produknya yang memiliki target pasar remaja.

HarmonyOS kabarnya juga akan berkembang di beberapa perusahaan lain (Foto: Pexels/Limon Das)

HarmonyOS akan dipasarkan di Tiongkok pada tahun 2025 untuk semua teknologi yang dikembangkan oleh Huawei. Ini memungkinkan juga untuk HarmonyOS berkembang di beberapa perusahaan lain, termasuk BBK yang memegang produk Oppo, Xiaomi, dan lainnya. (dnz)

Baca juga:

Ponsel Pintar dengan Kamera Tingkat Profesional Siap Diluncurkan



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH