Harlah Pancasila, AHY Soroti Ancaman Terhadap Jurnalis dan Akademisi di Indonesia Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyoroti peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni masih terjadi adanya pada jurnalis dan akademisi baru-baru ini.

Teror terhadap jurnalis dialami wartawan Detik.com setelah ia membuat judul berita soal rencana Presiden Joko Widodo bakal membuka sejumlah mall. Lalu, ancaman terhadap akademis dialami civitas FH UGM yang soal acara diskusi.

Baca Juga

Harlah Pancasila di Tengah Corona, Negara Harus Hadir Urus Warga Terdampak

"Kurang dari seminggu belakangan, kita dengar lagi munculnya teror pembunuhan terhadap jurnalis akibat penulisan berita & pada akademisi akibat diskusi tata negara. Ini makin menguatkan kesan bahwa kebebasan sipil kita kian menurun. Pendapat seolah dibelenggu," kata AHY dalam keteranganya, Senin (1/6).

AHY ingatkan pemerintah terkait pembukaan tahun ajaran baru di masa pandemi covid-19
AHY ingatkan pemerintah akan risiko pembukaan tahun ajaran baru di tengah pandemi Covid-19 (Foto: antaranews)

Anak sulung Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhyono (SBY) itu juga menuliskan kalau lahirnya Pancasila ikut memaknai tentang hak setiap individu untuk berpendapat.

"Hari ini kita diingatkan dgn lahirnya Pancasila, perjuangan para pendahulu menetapkan dasar negara Indonesia berdasar Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Demokrasi & Keadilan Sosial. Di dalamnya terkandung makna tentang hak setiap individu untuk berpendapat, bermusyawarah untuk mufakat," ungkap AHY.

AHY meminta seluruh masyarakat buat menjaga Pancasila dengan utuh.

Baca Juga

Peringati Harlah Pancasila, Jokowi: Bangsa Indonesia Harus Menang Lawan Corona

"Selalu jadi tugas kita untuk merawat Pancasila, beserta nilai demokrasi dan kebebasan sipil di dalamnya. Kebebasan berpendapat adalah amanat konstitusi," terang AHY.

"Mari kembali pada hakikat Pancasila yang utuh. Demokrasi saat ini adalah hasil perjuangan. Jangan kita sia-siakan. Selamat hari lahir Pancasila," ajaknya. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH