Harison Chandra: Komitmen pada Kopi Bukan Sekedar Kenikmatan Bagi Harison Chandra kopi bukan hanya sekedar minuman, ada seni di dalamnya. (Foto: instagram@harison.chandra)

RANTAI perjalanan kopi tidak hanya berhenti sampai di petani kopi saja. Barista adalah sosok lainnya yang meramu kopi menjadi minuman bercita rasa tinggi. Profesi yang sudah sangat mendunia dalam industri kopi.

Barista harus punya pengetahuan diatas rata-rata pada seluruh proses kopi. Seperti meracik banyak jenis kopi yang terdiri dari beberapa campuran dan rasio. Kemudian akan melahirkan kenikmatan secangkir kopi ciptaannya bisa dicintai dan selalu dikenang.

Baca Juga:

Jangan Buang Ampas Kopi, Manfaatkan untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Harison Chandra
Harison Chandra dengan Ayi Sutedja kerja sama mengembangkan biji kopi yang berkualitas. (Foto: MP/Leonard Ghuru Ismail)

Harison Chandra adalah barista sarat pengalaman yang ikut mewarnai dunia perkopian Indonesia. Dia memiliki segudang prestasi nasional maupun internasional. Bahkan dia pernah tampil secara gemilang pada World Brewers Cup 2017. Sosok ini unik karena tidak berkecimpung di dunia yang menjadi disiplin ilmunya. Dia lulusan Teknik Kimia dan Metalurgi di University of Queensland, Australia. Malahan kesehariannya sibuk mengurus kedai Ottoman’s Coffee miliknya.

Perkenalan Harison dengan kopi saat masih kuliah di Australia. Ketertarikan pada kopi terjadi lewat karya latte art yang dibuat oleh temannya. Karena itu ia rutin mencoba mencicipi berbagai macam kopi dari kafe ke kafe untuk menuntaskan rasa ingin tahunya pada kopi. Baginya setiap kopi origin memiliki keunikan tersendiri dan alasan ini juga yang membuatnya makin mengagumi kopi.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk terjun lebih jauh lagi pada kopi. Kecintaannya pada kopi dibuktikan lewat kerja keras dan kegigihan dengan terus belajar dan mendalami proses menciptakan minuman kopi dengan rasa aroma yang sempurna. Prestasi yang dimilikinya sekarang adalah buah manis dari kerja keras dan rasa cintanya pada kopi.


Baca Juga:

Sederet Manfaat Kesehatan dari Minyak Esensial Kopi

Harison Chandra, kopi
Kerjasama antara petani kopi dan barista melahirkan kopi yang bagus. (Foto: MP/Leonard Ghuru Ismail)

Bagi kebanyakan orang, kopi hanya dianggap sebagai minuman yang menemani rutinitas. Namun Harison menganggapnya sebagai sebuah seni. Sebagai contoh saja, jenis green bean yang sama dapat menghasilkan rasa yang berbeda-beda, tergantung bagaimana proses roasting dan brewingnya.

Kecintaan Harison pada kopi masih bisa dibuktikan lagi lewat komitmen dan kontribusinya yang tidak banyak dimiliki oleh kebanyakan barista. Dia menjalin kerja sama dengan petani-petani lokal penghasil kopi. Hanya satu yang ada di kepalanya yakni meningkatkan kualitas hasil biji kopi Indonesia agar dapat bersaing di manca negara.

Keinginan untuk terus belajar dan mengasah dirinya agar selalu bisa berinovasi merupakan target kedepan yang ingin dicapainya dengan tetap megikuti ajang kompetisi-kompetisi, Tidak cukup sampai disitu, ia pun ingin memberikan pelatihan bagi para barista baik internal maupun eksternal dan memiliki kebun kopi bekerjasama dengan penduduk lokal (lgi)

Baca Juga:

Agar Minum Kopi Jadi Lebih Nikmat

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH