Sci-Fi

Hari UFO Sedunia, Fenomena Alien atau Sekadar Benda Angkasa?

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 03 Juli 2020
Hari UFO Sedunia, Fenomena Alien atau Sekadar Benda Angkasa?
Ilustrasi gambar UFO (Foto: Pixabay/Christianplass)

MUNGKIN kamu baru mendengar kabar peringatan hari UFO sedunia yang jatuh setiap 2 Juli. Peringatan ini didedikasikan para penggemar UFO sebagai cara mereka membuktikan keberadaan benda terbang tak dikenal tersebut.

Menurut situs resmi World UFO Day, Hari UFO Sedunia mulai dirayakan sejak tahun 2001 atas inisiatif dari Haktan Akdogan, seorang peneliti UFO asal Turki dan pendiri dari Sirius UFO Space Sciences and Research.

Baca juga:

Teori Baru UFO, Asalnya dari Peradaban Masa Depan

Akdogan juga pernah mendesak Majelis Umum PBB untuk menggelar acara dengar pendapat secara terbuka guna membahan keberadaan UFO di antariksa. Dia juga mendesak supaya pemerintah dunia berhenti merahasiakan keberadaan UFO dari khalayak umum.

Alasan mengapa tanggal 2 Juli dipilih oleh Akdogan sebagai Hari UFO Sedunia adalah karena tanggal tersebut bertepatan dengan saat terjadinya insiden Roswell (Roswell incident).

Sebuah UFO dikabarkan jatuh di wilayah gurun New Mexico, dekat dengan kota Roswell, Amerika Serikat, pada 2 Juli 1947.

Namun Angkatan Darat Amerika Serikat membantah ada UFO yang jatuh. Kejadian sebenarnya adalah ada balon udara yang diterbangkan untuk menguju ketinggian.

Dari atas balon tersebut, dijatuhkan sebuah boneka untuk menguji parasut. Mereka juga mengatakan, ada kemungkinan boneka ini jatuh di suatu tempat dan orang-orang yang melihat mengira mereka telah melihat alien.

Namun bagi para pecinta UFO mereka meyakini bahwa yang jatuh adalah UFO beserta alien. Terbukti, setelah selang bertahun tahun.

Banyak yang percaya bahwa ada sesuatu yang aneh sehingga menimbulkan teori konspirasi terkait alien dan UFO seperti diabadikan dalam film X-Files. Penasaran enggak sih? Nih lima fenomena penampakan UFO yang paling diingat.

1. UFO di New Jersey

Hari UFO Sedunia, Fenomena Alien atau Sekadar Benda Angkasa?
Ilustrasi gambar UFO (Foto: Pixabay/darksouls1)

Salah satu penampakan UFO yang paling dipercaya di abad ke-21 berada di New Jersey. Penampakan UFO pada 2001 di langit New Jersey Turnpike terjadi selama 15 menit. Benda yang diduga UFO itu memiliki cahaya oranye kemerahan dan kuning lalu terbang di daerah Arthur Kill Waterway.

Letnan Departemen Kepolisian Carteret, Daniel Tarrant, adalah salah satu saksi, serta penduduk daerah metro lainnya dari jembatan Throgs Neck Bridge di Long Island dan Fort Lee, New Jersey, di dekat Jembatan George Washington.

Pengendali lalu lintas udara pada awalnya menyangkal bahwa pesawat terbang, jet militer, atau penerbangan luar angkasa bisa menyebabkan cahaya misterius.

Tetapi sebuah kelompok yang dikenal sebagai Penyelidik Fenomena Aneh New York (NY-SPI) mengklaim menerima data radar FAA yang menguatkan penampakan UFO pada malam itu.

2. UFO di Samudera Pasifik

Hari UFO Sedunia, Fenomena Alien atau Sekadar Benda Angkasa?
Ilustrasi gambar UFO (Foto: Pixabay/kalhh)

Dua jet tempur F18 milik kapal Induk USS Nimitz pernah melihat bayangan oval di bawah permukaan laut kemudian benda putih berbentuk seperti permen Tic Tac di atas air.

Benda itu tidak memiliki tanda yang terlihat untuk menunjukkan mesin, sayap atau jendela, dan monitor inframerah tidak menunjukkan adanya pembuangan.

Baca juga:

Markas Alien Ada di Indonesia?

3. UFO di Bandara O'Hare

Hari UFO Sedunia, Fenomena Alien atau Sekadar Benda Angkasa?
Ilustrasi gambar UFO (Foto: Pixabay/CoolCatGameStudio)

Ada penampakan benda berbentuk mirip piring terbang pada 7 November 2006, sekitar pukul 16.15 waktu setempat. Disaksikan sekitar 12 orang dari United Airlines dan beberapa saksi mata lainnya.

Laporan penampakan benda misterius itu menjadi berita yang paling banyak dibaca di situs web The Chicago Tribune dan disorot dunia internasional.

Namun, karena UFO tidak terlihat di radar, FAA menyebutnya sebagai "fenomena cuaca" dan menolak untuk menyelidiki.

4. UFO di Carolina Utara

Hari UFO Sedunia, Fenomena Alien atau Sekadar Benda Angkasa?
Ilustrasi gambar UFO (Foto: Pixabay/tombud)

Sebuah video tersebar dari Advanced Aviation Threat Identification Program, berisi momen pertemuan dengan F/A-18 Super Hornet dengan objek asing.

Adegan tersebut terlihat di sepanjang Pantai Timur di Raytheon Advanced Targeting Forward-Looking Infrared (ATFLIR).

Benda asing itu mirip dengan pesawat yang terlihat di San Diego pada tahun 2004 lalu, berbentuk oval dengan warna putih yang bergerak cepat, besarnya sekitar 45 kaki (sekitar 13 meter), tanpa sayap atau saluran pembuangan.

Para pilot kemudian melacak keberadaan objek yang berada di ketinggian 25.000 kaki di atas Samudra Atlantik, yang terbang jauh dan secara bersamaan berputar pada sumbunya. Sejauh ini belum ada penjelasan terkait hal tersebut.

5. UFO di Jepang

Hari UFO Sedunia, Fenomena Alien atau Sekadar Benda Angkasa?
Ilustrasi gambar UFO (Foto: Pixabay/Willgard)

Sebuah benda asing terlihat di langit Aoba Sendai, Jepang dan berbentuk seperti balon. Ini adalah penampakan UFO terupdate pada abad 21 ini.

Terlihat pada 17 Juni 2020. Menurut pemerintah setempat, balon tersebut terlihat seperti pemantau cuaca. Namun menjadi janggal ketika mereka telah mengatakan bahwa pemantau cuaca miliknya tidak berbentuk seperti itu. (ahmad dhani/Jakarta)

Baca juga:

Buat Kamu yang Suka Alien dan UFO, Ini Tempat untuk Melihatnya

#UFO #Mister Global
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan