Hari Teh Sedunia, Kenal Jenis Teh dari Berbagai Negara

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 23 Mei 2023
Hari Teh Sedunia, Kenal Jenis Teh dari Berbagai Negara
Seluruh dunia memiliki budaya meminum teh. (Unsplash/Priscilla du Preez)

TEH selalu berhasil membuat sekelilingnya terpapar keharuman ketika daunnya diseduh. Budaya minum teh tidak hanya berlaku di Indonesia, tetapi seluruh dunia memiliki budaya meminum teh.

Melansir laman resmi PBB, industri teh merupakan sumber utama pendapatan ekspor bagi beberapa negara miskin. Industri ini merupakan sektor padat karya, menyediakan lapangan kerja, terutama di daerah terpencil dan kurang beruntung secara ekonomi.

Baca Juga:

Yuk Sarapan Bubur Jenang Ala Bangsawan di Ndalem Katresnan Bandung

teh
Kaya rempah, Teh Chai menjadi teh khas India (Unsplash/Vd Photography)

Teh memainkan peran penting dalam pembangunan pedesaan, pengentasan kemiskinan dan ketahanan pangan di negara-negara berkembang, menjadi salah satu tanaman komersial yang paling penting. Ini yang memelopori organisasi Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) menetapkan Hari Teh Sedunia yang jatuh pada 21 Mei 2023.

“Hari itu akan mempromosikan dan mendorong tindakan kolektif untuk mengimplementasikan kegiatan yang mendukung produksi dan konsumsi teh yang berkelanjutan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya memerangi kelaparan dan kemiskinan.” tulis PBB dalam laman resminya.

Sembari merayakan Hari Teh Sedunia, berikut jenis teh terbaik di dunia yang harus kamu kenali.


Teh Chai - India


India terkenal dengan teh yang dicampur dengan rempah-rempah pilihan, yang membuat rasa di dalam teh lebih otentik. Teh tersebut dinamakan Teh Chai.

Teh ini terbuat dari teh hitam disajikan sebagai minuman standar di rumah-rumah India. Teh satu ini menjadi spesial berkat tambahan beberapa tanaman herbal, di dalamnya terdiri dari kayu manis, jahe, lada hitam, serta kapulaga. Sementara untuk pemanis, kamu bisa memilih antara susu, gula, atau bahkan madu.


Teh Putih Fujian - Tiongkok


Negeri tirai bambu memang memiliki segudang jenis teh. Namun, salah satu teh yang masuk ke dalam teh terbaik sedunia, yaitu Teh Putih Fujian.

Berasal dari provinsi Fujian, teh yang memiliki warna bening dan bersih ini dianggap sebagai salah satu teh terbaik di dunia. Teh ini dibuat dari daun teh muda yang diproses khusus sehingga menghasilkan citarasa teh yang unik.

Baca Juga:

Tempe Goreng Jadi Makanan Vegan Terbaik Keempat di Dunia

teh
Industri teh merupakan sumber utama pendapatan ekspor bagi beberapa negara miskin. (Unsplash/Content Pixie)


Teh Earl Grey - Inggris


Teh Earl Grey adalah nama teh yang diambil dari aristokrat asal Inggris bernama Charles Grey. Pada dasarnya, teh ini merupakan campuran teh hitam dan serutan dari kulit jeruk bergamot.

Teh ini juga kerap kali disebut dengan afternoon tea, penyajiannya kerap menggunakan campuran susu dan nama lainnya yakni teh susu.


Teh Hitam Kayu Aro - Indonesia


Indonesia pun memiliki teh yang masuk ke dalam daftar teh terenak sedunia, yaitiu Teh hitam Kayu Aro. Teh ini sebenarnya sebuah teh hitam yang berasal dari kaki Gunung Kerinci, Jambi. Seperti namanya, berasal dari perkebunan teh yang berada di kawasan Kayu Aro, yang berdiri tepat di kaki Gunung Kerinci.

Kabarnya, perkebunan teh ini adalah salah satu perkebunan teh tertua yang ada di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1925, perkebunan teh Kayu Aro selalu menghasilkan teh yang alami dan berkualitas hingga sekarang. (mro)

Baca Juga:

Nasi Goreng Termodifikasi Menjadi Khas Indonesia

#Teh Indonesia #Kuliner
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan