Hari Santri Nasional

Hari Santri Bukti Negara Akui Kekuatan dan Sumbangsih Para Santri

Eddy FloEddy Flo - Senin, 22 Oktober 2018
Hari Santri Bukti Negara Akui Kekuatan dan Sumbangsih Para Santri
Para santri mengikuti Apel Hari Santri Nasional (ANTARA foto/Didik Suhartono)

MerahPutih.Com - Perayaan Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober dalam refleksi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin merupakan bukti bahwa negara mengakui kekuatan dan sumbangsih para santri.

Menag Lukman Saifuddin mengungkapkan bahwa Hari Santri Nasional adalah bentuk pengakuan negara atas keberadaan santri.

"Jadi pengakuan ini adalah yang harus kita syukuri khususnya bagi kalangan santri," kata Lukman di Jakarta, Minggu (21/10) malam.

Menurut dia, santri berperan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia sebagaimana telah dilakukan mulai negara berdiri dan hingga saat ini.

HSN, kata Menag Lukman Hakim Saifuddin, juga harus disambut secara baik oleh santri dengan menjaga kehidupan berbangsa dan bernegara. Menjaga ke-Indonesiaan yang telah merdeka merupakan kewajiban setiap warga negara termasuk para santri.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: ANTARA FOTO)

Santri, lanjut dia, harus bisa tetap menjaga nilai keagamaan sekaligus cinta Tanah Air.

"Tentu Hari Santri ini memicu tanggung jawab yang lebih besar bagi santri untuk ikut menjaga dan merawat ke Indonesiaan kita, agar tetap memegang nilai-nilai agama dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Lukman sebagaimana dilansir Antara.

HSN sendiri ditetapkan pemerintah di era Presiden Joko Widodo pada 2015. Peringatan hari bagi santri itu harus disyukuri.

"Kami bersyukur bahwa pemerintah telah menetapkan hari santri sejak 2015 oleh bapak Presiden Jokowi," pungkas Lukman Hakim Saifuddin.

Selamat Hari Santri Nasional 2018.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pengamat Pertanyakan Keberadaan Indonesialeaks dan Pihak yang Berada di Belakangnya

#Menag Lukman Hakim Saifuddin #Hari Santri Nasional #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan