Hari Raya Waisak, Momentum Merawat Kemajemukan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 16 Mei 2022
Hari Raya Waisak, Momentum Merawat Kemajemukan
Candi Borobudur. (Foto: MP/TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko)

MerahPutih.com - Senin 16 Mei 2022, diperingati sebagai Hari Raya Waisak yang merupakan hari besar umat Buddha di seluruh dunia.

Hari Raya Waisak ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 3 tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983.

Baca Juga:

Seluruh Sekolah akan Terapkan Mata Pelajaran Pancasila Mulai Juli 2022

Perayaan Hari Raya Waisak 2566 BE tahun 2022 di Indonesia, akan berpusat di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dengan tema "jalan kebijaksanaan menuju kebahagiaan sejati".

Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonus Benny Susetyo menjelaskan, hari Waisak akan diperingati lebih dari 1,7 juta penduduk Budha di Indonesia.

"Hari Waisak adalah hari libur di Indonesia yang diperingati sebagai hari kelahiran dan wafatnya sang Budha. Bagi sebagian penduduk lainnya hari raya ini dijadikan sebagai hari libur dari aktivitas sekolah atau bekerja," ujar Benny, Minggu (15/5).

Benny melanjutkan, Waisak ini juga menjadi salah satu momentum untuk meningkatkan persatuan dan merawat kemajemukan.

"Perayaan ini merupakan momentum untuk meneguhkan semangat persaudaraan sejati dalam meneguhkan nilai nilai persatuan dan gotong royong mewujudkan kebersamaan dalam mewujudkan cita cita kemerdekaan yakni masyarakat adil dan makmur lewat jalan kebijaksanan yakni merawat nilai nilai kemajemukan dalam menjaga Nilai nilai keragaman, " lanjut Benny.

Ia memaparkan, nilai-nilai Pancasila sejatinya haru bisa diaktualisasikan dalam bentuk semua prilaku dan tindak kehidupan.

"Jalan kebijakan dengan mengaktualisasikan nilai nilai Pancasila dalam tindakan ini lah warisan nilai - nilai luhur harus di rawat dalam perilaku pengambil kebijakan, pasar dan warga," ujar Benny.

Benny menegaskan, Hari Raya Waisak ibu bisa menjadi momentum dalam memperkuat persatuan anak bangsa. (Asp).

Baca Juga:

GMKI Minta IKN Nusantara Harus Cerminkan Nilai Pancasila

#Hari Raya Waisak #Pancasila #Hari Libur Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan