Hari Pertama PPKM Darurat, Kondisi Jakarta Seperti Sedang 'Berobat' Kondisi di Jalanan Jakarta yang sangat sepi. (MP/Kanu)

MerahPutih.com - Sejumlah titik menuju pusat kota Jakarta 'dikunci' untuk menghindari adanya pergerakan warga saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Di Jakarta Pusat, ada sembilan titik penyekatan dan pembatasan aktivitas warga.

Kasubag Humas Polres Jakarta Pusat AKP Sam Suharto mengatakan, titik-titik penyekatan di pusat kota antara lain perempatan Letjen Suprapto Cempaka Putih, Pegangsaan Menteng, Jalan Salemba Senen, Flyover Jatibaru Gambir, Benyamin Sueb Kemayoran, Pejompongan Tanah Abang, Jembatan Merah Sawah Besar, Bundaran HI dam Roxy Gambir.

"Adapula pembatasan dari depan Bundaran Senayan hingga Thamrin," jelas Sam kepada Merahputih.com di Jakarta, Sabtu (3/7).

Sam menuturkan, yang diperbolehkan melintas adalah warga yang berkepentingan bekerja di sektor esensial dan kritikal. "Kalau di luar itu atau cuma mau jalan-jalan saja, dilarang. Warga diminta kembali ke rumah jika tak ada yang mendesak atau berkepentingan," jelas Sam.

Sam memastikan, kegiatan berlangsung 1 x 24 jam penuh. "Nanti petugas dibagi didalam melaksanakan tugas dengan cara bergantian jaga," tutur Sam.

Kondisi jakarta
Kondisi Jakarta sangat lengang. (MP/Kanu)

Warga sendiri mengakui penyekatan dan pembatasan PPKM Darurat ini sangat ketat.

Yasir (28), salah satu pekerja media yang termasuk sektor esensial misalnya. Ia dicegat saat melintas di Bundaran Senayan oleh aparat gabungan.

"Saya ditanya mau kemana. Saya bilang mau liputan. Harus tunjukin id pers dan undangan liputannya," kata dia. Menurut Yasir, polisi akan memutarbalikkan orang yang tak berkepentingan.

'"Tadi ada pemuda-pemuda naik motor mau ke Monas, dia katanya mau jalan-jalan langsung diputar balik dan ditegur petugas," jelas Yasir.

Ia menyebut, bagi pekerja sektor esensial dan kritikal, tak sampai ditanya hasil Swab dan bukti vaksin. "Hanya ditanya kepentingan dan tujuannya aja," kata warga Depok ini.

Sama halnya dengan Yasir, Hayer (40) yang biasa bekerja di kawasan Monas ini mengaku disekat tiga kali saat melintas dari rumahnya di Cibinong. Jalanan pun sangat lenggang dan sepi. "Di Depok kena penyekatan, Lenteng Agung kena, dan di Bundaran HI juga kena," kata Hayer.

Saat disekat, Hayer mengaku mendapat undangan liputan kegiatan Kapolri di Senayan, Jakarta Pusat. "Saya tunjukin bukti undangan liputan dari Humas Polri, langsung diijinin. Pesan petugas yang penting hati-hati," jelas wartawan media online ini.

Pemeriksaan
Penyekatan oleh petugas di kawasan jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. (MP/Rizki Fitrianto)

Saat melintasi penyekatan di beberapa tempat sampai Bundaran HI, Hayer mengaku hanya ditanya kepentingannya saja. "Saya bilang mau liputan saja. Kalau gak ada kepentingan lain saya gak mau keluar rumah," imbuh warga asal NTT ini.

Penyekatan yang sangat ketat ini membuat kondisi jalanan kota Jakarta di sekitar HI, Jalan Thamrin, Senayan dan kawasan tengah lainnya terlihat sangat lengang dan sepi. Menanggapi sepinya jalanan Ibu Kota, beberapa warga di media sosial menyebut Jakarta seperti sedang "berobat". Berobat sejenak untuk kembali sehat.

Sekedar informasi, PPKM Darurat mulai diberlakukan di wilayah Jawa-Bali mulai Sabtu (3/7). Pembatasan mobilitas dilakukan di banyak wilayah.

Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Letjen TNI Ganip Warsito, menegaskan perjalanan dalam zona aglomerasi tak membutuhkan kartu vaksin.

"Untuk perjalanan darat, kendaraan-kendaraan pribadi atau umum dalam satu wilayah aglomerasi tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin atau PCR atau rapid test antigen," ujar Ganip Warsito, Jumat (1/7).

Aturan itu tertuang dalam SE Satgas COVID-19 Nomor 14 Tahun 2021 tentang ketentuan perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi COVID-19. Itu artinya kartu vaksin hanya dibutuhkan untuk perjalanan jarak jauh.

Wilayah aglomerasi adalah linkup area kabupaten/kota yang lokasinya berdekatan atau saling menyangga. Salah satu wilayah aglomerasi adalah Jabodetabek.

PPKM Darurat mulai diterapkan pada Sabtu (3/6) hari ini hingga 20 Juli mendatang. Aturan ini ditetapkan pemerintah untuk mengurangi mobilitas warga terkait makin tingginya angka penyebaran virus corona. (knu)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
1,184 Juta Vaksin Sinopharm Tiba di Indonesia
Indonesia
1,184 Juta Vaksin Sinopharm Tiba di Indonesia

Indonesia kembali kedatangan 1.184.000 vaksin Sinopharm yang berasal dari Tiongkok di Bandara Soekarno Hatta, Cengkarang, Tengerang, Banten pada Senin (19/7) siang.

Akar Rumput PKB Ingin Duetkan Prabowo-Cak Imin di Pilpres 2024
Indonesia
Akar Rumput PKB Ingin Duetkan Prabowo-Cak Imin di Pilpres 2024

Ketua DPP PKB. Daniel Johan mengungkapkan, bahwa kader akar rumput partai yang didirikan oleh para kiai Nahdlatul Ulama (NU) itu banyak yang menginginkan Prabowo berduet dengan Cak Imin.

Kemenag Koordinasi dengan BNPT Verifikasi Data 198 Pesantren
Indonesia
Kemenag Koordinasi dengan BNPT Verifikasi Data 198 Pesantren

Terkait temuan tersebut, Kementerian Agama berkoordinasi dengan BNPT melakukan verifikasi 198 pondok pesantren yang disebut terafiliasi dengan jaringan terorisme.

Respons KPK Atas Kritik Eks Penyelidik Soal Kebiasaan Buruk Era Firli Bahuri
Indonesia
Respons KPK Atas Kritik Eks Penyelidik Soal Kebiasaan Buruk Era Firli Bahuri

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membantah pihaknya menyampaikan substansi perkara yang tengah diselidiki kepada publik.

LBH PP Muhammadiyah Jadi Kuasa Hukum Haris Azhar-Fatia
Indonesia
LBH PP Muhammadiyah Jadi Kuasa Hukum Haris Azhar-Fatia

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pimpinan Pusat Muhammadiyah ditunjuk menjadi Kuasa Hukum Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia Maulidiyati. Kedua aktivis HAM tersebut ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya pada 17 Maret 2022 lalu.

Pembahasan 3 RUU Pemekaran Papua Dimulai 16 Mei
Indonesia
Pembahasan 3 RUU Pemekaran Papua Dimulai 16 Mei

Saat ini, proses di Mahkamah Konstitusi (MK) sudah masuk dalam sidang pembuktian, seperti bukti-bukti dan saksi ahli yang dihadirkan.

[Hoaks atau Fakta]: Urus SIM dan SKCK Wajib Bawa Sertifikat Vaksinasi COVID-19
Indonesia
[Hoaks atau Fakta]: Urus SIM dan SKCK Wajib Bawa Sertifikat Vaksinasi COVID-19

Kebijakan untuk mengurus SIM wajib sudah vaksinasi COVID-19 pernah dibuat di Polres Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dan Polres Indragiri Hilir, Riau.

PN Jakpus Lockdown, Sejumlah Hakim Positif COVID-19
Indonesia
PN Jakpus Lockdown, Sejumlah Hakim Positif COVID-19

Bambang pun merinci jumlah pegawai dan hakim yang reaktif maupun positif COVID-19

Angkutan Sepeda Motor Gratis saat Mudik Dibuka
Indonesia
Angkutan Sepeda Motor Gratis saat Mudik Dibuka

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan mengadakan program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis).

Masyarakat Diminta Beri Masukan Konstruktif ke Polisi Soal Pemberantasan Pungli
Indonesia
Masyarakat Diminta Beri Masukan Konstruktif ke Polisi Soal Pemberantasan Pungli

Bambang mengaku berterima kasih atas kritik dan masukan Emerson