Hari Pertama Masuk Kantor, Pemkot Depok Perintahkan ASN Lakukan Tes Antigen

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 09 Mei 2022
Hari Pertama Masuk Kantor, Pemkot Depok Perintahkan ASN Lakukan Tes Antigen
Ilustrasi apel ASN. (Foto: Kemenpan RB)

MerahPutih.com - Hari pertama masuk kantor, terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pemkot Depok, Jawa Barat, tidak diisi denganapel pagi usai libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris memerintahkan, setelah libur Lebaran, seluruh ASN dan non-ASN Depok wajib melakukan tes usap antigen. Karena itu, tidak ada apel pagi dan halal bihalal di lingkungan Balai Kota Depok.

Baca Juga:

Mendagri Tito Izinkan ASN WFH Lima Hari Setelah Libur Lebaran

Idris mengatakan, untuk pelaksanaan tes usap antigen COVID-19, dilaksanakan di lingkungan balai kota dan 11 Puskesmas di Depok. Kegiatan tes usap antigen akan dimulai pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB.

"Jika ditemukan ASN maupun non-ASN yang belum melaksanakan tes usap antigen, kepala perangkat daerah (PD) mereka yang bertanggung jawab mutlak dengan segala risikonya," tegasnya.

Untuk Dinas Pendidikan (Disdik) memastikan terlebih dahulu para pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan sekolah sudah tes usap antigen.

"Baru kita mulai kegiatan belajar mengajar (KBM) usai libur Lebaran 2022," ucapnya.

Wali Kota Depok Mohammad Idris (ANTARA/Foto: Feru Lantara)
Wali Kota Depok Mohammad Idris (ANTARA/Foto: Feru Lantara)

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menyetujui usul Kepala Polri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk menerapkan sistem kerja dari rumah atau WFH bagi ASN untuk mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022.

Menpan RB menyarankan seluruh instansi pemerintahan mengatur jadwal work from home (WFH) bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) selama sepekan mulai Senin (9/5).

"Saya setuju dengan pendapat Kapolri agar instansi pemerintah menerapkan kebijakan WFH. Seluruh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) diharapkan mengatur pembagian jadwal agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan," kata Tjahjo. (*)

Baca Juga:

Menteri Tjahjo Kumolo Setuju ASN Terapkan WFH setelah Libur Lebaran

#Mudik #Arus Balik Mudik #Arus Mudik #Lebaran #Ramadan #Depok #Idul Fitri
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan