Hari Pertama Ganjil-Genap Depok, Lebih dari 300 Kendaraan Diputar Balik

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 05 Desember 2021
Hari Pertama Ganjil-Genap Depok, Lebih dari 300 Kendaraan Diputar Balik
Ilustrasi: Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat. (Antara Foto)

Merahputih.com - Kebijakan ganjil-genap di Kota Depok mulai berlaku di kawasan Jalan Margonda Raya.

Ratusan kendaraan diputar balik pada hari pertama uji coba sistem ganjil-genap (gage). Uji coba ganjil-genap sendiri digelar 4 hingga 5 Desember 2021.

"Sekitar 320 (kendaraan)," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra kepada wartawan, Minggu (5/12).

Baca Juga

Tahun Ini, Pemkot Depok Perbaiki 771 Ruas Jalan Lingkungan

Berdasarkan hasil evaluasi ganjil-genap, ada kenaikan kecepatan kendaraan di Jalan Margonda Raya. Sedangkan di ruas jalan alternatif maupun di beberapa check point, justru terjadi penurunan kecepatan.

"Dari hasil pemantauan kinerja lalu lintas yang telah dilakukan pada ruas jalan yang menjadi kawasan rencana penerapan uji kebijakan ganjil-genap, memiliki kenaikan kecepatan rata-rata jaringan pada Jalan Margonda Raya," tuturnya.

Jhoni menuturkan, terdapat enam pos pemeriksaan tersebut tersebar di sejumlah titik. Titik-titik tersebut yakni Terminal Margonda, Simpang Ramanda dan Fly Over Universitas Indonesia (UI) atau sebelum pos polisi dari arah Lenteng Agung.

Baca Juga

Depok Berlakukan Ganjil Genap di Akhir Pekan

Kemudian, Fly Over UI dari arah Jalan Komjen Pol M. Yasin, Exit tol Margonda dari arah Kukusan, serta U-Turn Juanda atau on off ramp Margonda.

“Penerapan ganjil genap dilakukan pada ruas Jalan Margonda Segmen 2, Simpang Ramanda Margonda Segmen 3 Flyover UI,” kata Jhoni.

Jhoni menambahkan, ada penempatan petugas di enam titik tersebut dan tiga titik tambahan seperti di Simpang PLN, RTM dan U-Turn Jalan Arif Rahman Hakim.

Baca Juga

Setelah Dihentikan 10 Hari, Sekolah di Depok Kembali Gelar PTM

Petugas nanti akan melakukan mobilitas dan penghitungan volume lalu lintas. Total petugas yang dikerahkan berjumlah 200 personil terdiri dari Polres, Dishub, Satpol PP dan TNI.

Adapun petugas yang dikerahkan dibagi menjadi 2 shift yaitu pukul 12.00-15.00 WIB dan pukul 15.00-18.00 WIB. (Knu)

#Depok #Walikota Depok #Margonda Depok #Polresta Depok
Bagikan
Bagikan