../..
Puluhan kepala sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK mendapatkan pengarahan dari Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (2/6). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Ribuan aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah mulai masuk kerja setelah mengakhiri work from home (WFH) atau kerja di rumah, Selasa (2/6).

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo memberikan pengarahan khusus saat apel pagi pada semua sekolah di Dinas Pendidikan (Disdik) supaya benar-benar menjaga kebersihan sekolah terutama bagian toilet saat new normal diterapkan.

Baca Juga:

Lima ASN Pemkot Solo Terpapar COVID-19 Diduga Saat Praktek Latihan Test Swab

"Saya mengingatkan bahwa pola hidup baru akan segara dimulai, kedisiplinan, etika dan rasa dalam memakai masker harus selalu dijaga," ujar Rudy sapaan akrabnya.

Rudy mengatakan, meskipun ada virus corona atau COVID-19, diharapkan agar jangan sampai prestasi anak dan kualitas pendidikan turun. Ia mengingatkan kembali keputusan menetapkan Solo status KLB sejak tanggal 16 Maret sampai tanggal 7 Juni tidak lain untuk menyelamatkan generasi penerus.

"Kegiatan belajar dilaksanakan di rumah sampai 13 Juli sambil menunggu keputusan dari pemerintah pusat. Kalau diperpanjang sampai dengan Desember, saya lebih senang," kata dia.

Wali Kota Solo, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (2/6). (MP/Ismail)
Wali Kota Solo, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (2/6). (MP/Ismail)

Rudy mengingatkan kembali pada tenaga pendidik untuk memberikan materi pembelajaran kepada anak-anak berkaitan dengan protokol kesehatan. Hal ini sangat penting untuk melindungi siswa dari ancaman corona.

"Saat inilah revolusi mental diajarkan pada anak didik kita, untuk kebiasaan disiplin cuci tangan, hidup bersih dan sehat," kata dia.

Baca Juga:

New Normal Tempat Ibadah, Walkot Solo: Tak Perlu Izin dan Patuhi Protokol Kesehatan

Sementara itu, mempersiapkan new normal, salah satu yang perlu diperhatikan adalah kebersihan toilet sekolah. Pemkot Solo akan berusaha untuk memperbaiki toilet-toilet yang ada di sekolah.

"Kebersihan toilet, khususnya toilet siswa agar menjadi perhatian para guru. Satu lagi jangan ada siswa berkerumun dan berjabat tangan," pungkasnya. (Ism)

Baca Juga:

Work From Home Dicabut, ASN Pemkot Solo Masuk Kerja 2 Juni


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH