Hari Kopi Internasional Ajang Promosi Kopi Robusta Lampung

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 19 September 2017
Hari Kopi Internasional Ajang Promosi Kopi Robusta Lampung
Pekerja memanen buah kopi robusta (Coffea canephora)(ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

MerahPutih.Com - Hari Kopi Internasional 2017 yang akan dipusatkan di Lampung begitu berarti bagi Muhammad Ridho Ficardo. Gubernur Lampung itu menegaskan Hari Kopi Internasional yang berlangsung 29 September-1 Oktober nanti merupakan ajang promosi kopi robusta daerahnya.

"Aneka acara digelar untuk mempromosikan kopi robusta Lampung, termasuk minum kopi gratis bagi yang hadir pada Hari Kopi Internasional tersebut," kata Ridho Ficardo di Bandarlampung, Selasa (19/9).

Selain acara yang dikemas oleh panitia, diharapkan perayaan Hari Kopi Internasional digelar di berbagai kafe, restoran, rumah makan, dan tempat kuliner lainnya dengan menawarkan kopi robusta Lampung kepada tamu.

Target kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pertumbuhan konsumsi lokal kopi Lampung.

Pihaknya mendorong masyarakat Lampung usia dewasa mengonsumsi berbagai rasa dan varian dari daerah ini.

Ridho Ficardo menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya mengingatkan kembali program rehabilitasi kopi yang dicanangkan Wakil Presiden RI pada tahun 2014. Pencanangan itu menargetkan produktivitas kopi Lampung dapat meningkat di atas 1 ton per hektare.

"Kita berharap ada penggantian tanaman kopi yang berumur di atas 30 tahun dengan tanaman kopi yang lebih produktif," katanya.

Selain peningkatan kesejahteraan petani kopi melalui teknologi budi daya, kegiatan pertama di Lampung ini juga ingin menumbuhkan destinasi wisata kopi. Perkebunan yang baik akan menjadi daya tarik wisata.

"Perkebunan kopi dapat dijadikan destinasi wisata. Hal ini sejalan dengan tiga program prioritas pembangunan Lampung, pertanian, industri, dan pariwisata," ujar Gubernur Lampung.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung Tony L. Tobing mengatakan bahwsa Hari Kopi Internasional ini bakal diisi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat dan komunitas penikmat kopi, baik dari dalam maupun luar Lampung.

Sejumlah negara buyer Eropa, Asia, dan Amerika menyatakan siap hadir, termasuk para duta besar negara sahabat.

Rangkaian acara dimulai pada hari Jumat (29/9) pukul 19.00 di Paradise Hall, Hotel Novotel, dengan mengundang peserta dan masyarakat untuk menikmati lebih dari 1.000 cup kopi gratis.

"Acaranya dikemas rileks agar tercipta suasana menikmati kopi sesungguhnya. Ada pagelaran tari dari Kabupaten Lampung Barat. Sebagai penghasil kopi robustas terbaik, Lampung Barat bakal tampil all out di acara ini," pungkas Tony Tobing.(*)

#Provinsi Lampung #Bandar Lampung #Kopi #Kopi Robusta
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan